get app
inews
Aa
Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Infografis Sri Mulyani Beberkan Empat Tantangan Ekonomi Global yang Harus Diantisipasi Indonesia

Minggu, 07 Agustus 2022 | 23:46 WIB
header img
Infografis Sri Mulyani beberkan empat tantangan ekonomi global yang harus diantisipasi Indonesia. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, membeberkan empat tantangan ekonomo global yang harus diantisipasi Indonesia. 

 

Menurut dia, meski kondisi ekonomi Indonesia saat ini relatif terjaga atau dalam posisi yang aman, Indonesia akan menghadapi tantangan ekonomi ke depan yang berasal dari global. 

Menkeu menjelaskan, terdapat empat situasi yang perlu di antisipasi oleh Indonesia. Pertama, kebijakan negara maju. Sri mengatakan, jika Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunganya secara lebih agresif dapat menaikkan inflasi yang berakibat pada pertumbuhan ekonomi hingga ke negara berkembang.

 

“Jadi itu yang harus kita hadapi. Spill over dari negara-negara advance dari ekonomi maupun policy yang mereka adopsi,” kata Sri Mulyani, dikutip Minggu (7/8/2022). 

 

Tantangan kedua yang lebih sulit diprediksi yaitu konflik geopolitik. Jika sebelumnya fokus konflik Ukraina-Rusia, kini terdapat pula konflik di Taiwan.

Selanjutnya, tantangan ketiga yaitu perubahan iklim. Sri mencontohkan dampak nyata perubahan iklim seperti terjadi kekeringan di banyak negara Afrika, suhu panas di India yang bisa mematikan yaitu mencapai 41 derajat celcius, begitu juga di Eropa dan Australia yang menyebabkan kebakaran hutan.

“So we never underestimate climate change, it is going to near with us,” tutur Sri Mulyani.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut