get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Infografis 4 Pahlawan Nasional dari Papua

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 05:53 WIB
header img
Infografis 4 Pahlawan Nasional dari Papua. (Foto: Dok. MNC Portal).

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Pahlawan nasional dari Papua merupakan salah satu promotor pergerakan perjuangan kemerdekaan di bumi Cenderawasih. Mereka bertaruh nyawa dan bertumpah darah untuk mengusir para penjajah.

Jasa-jasa mereka perlu dikenang dan diabadikan sebagai pahlawan nasional. Mereka ikut berperan hingga Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdaulat.

 

Berikut pahlawan nasional dari Papua:

Silas Papare

Silas Papare merupakan salah satu pahlawan pergerakan kemerdekaan dari Papua. Silas Papare lahir di Kepulauan Yapen Waropen, 18 Desember 1918.

Silas Papare merupakan pribadi yang gigih dan pantang menyerah untuk mengusir sekutu dari tanah Papua. Silas Papare juga sebagai penggerak para pemuda-pemudi Papua dan memengaruhi Batalyon Papua untuk memberontak terhadap sekutu serta membasmi kolonialisme Belanda yang tumbuh di Papua.

Silas Papare kemudian ditangkap dan dijebloskan ke dalam penjara. Silas Papare didelegasikan oleh Presiden Soekarno untuk menjadi salah seorang delegasi Indonesia dalam New York Agreement yang ditandatangani pada 15 Agustus 1962 untuk mengakhiri konfrontasi Indonesia dengan Belanda dalam sengketa Irian Barat

Penandatanganan perjanjian tersebut, Irian Barat resmi bergabung ke dalam bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Silas Papare kemudian diangkat menjadi pahlawan nasional dengan keputusan SK Nomor 077/TK/1993 dan resmi diberikan gelar pahlawan nasional pada 14 September 1993.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut