get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Dugaan Sepak Bola Gajah, Apa Untung Rugi Jika Timnas Indonesia Keluar dari AFF? Ini Jaminan FIFA

Selasa, 02 Agustus 2022 | 16:15 WIB
header img
FIFA Jamin Hal Ini Untuk Indonesia Pasca Keluar Dari AFF. Timnas Indonesia saat mengikuti piala AFF 2020 (Foto: Antara)

Saat ini, rumor soal Timnas yang didesak untuk keluar dari AFF masih masih berhembus kencang. Wacana tinggalkan AFF itu muncul karena desakan dari pencinta sepak bola Tanah Air yang tak puas dengan turnamen yang digelar Federasi Sepak Bola Asia Tenggara tersebut.

Terutama setelah gugurnya Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 karena dua tempat di semifinal direbut oleh Vietnam dan Thailand. Padahal, ketiga tim sama-sama memiliki 11 poin.

2. Momentum Bangkit di Asia

Apabila Indonesia Keluar dari AFF, maka Indonesia akan tercatat sebagai anggota AFC saja. Oleh karena itu, Timnas Indonesia akan lebih fokus mempersiapkan diri mengikuti turnamen yang berada di bawah naungan AFC yang dianggap resmi oleh FIFA. 

Dengan fokus di kompetisi top Asia, bukan tidak mungkin Indonesia akan lebih berpotensi mencetak sejarah. Dalam hal ini adalah kemungkinan tembus ke fase gugur Piala Asia.

3. Akan Menguntungkan Pemain dan Klub

Jika Timnas keluar dari AFF, klub hanya perlu melepas sang pemain hanya ketika Timnas Indonesia tampil di ajang resmi FIFA seperti FIFA Matchday, Kualifikasi Piala Asia, Kualifikasi Piala Dunia, serta turnamen mayor seperti Piala Asia atau Piala Dunia. 

 

Selain itu, ini juga akan mengurangi risiko terjadinya cedera pemain yang sia-sia di ajang tersebut. Jika demikian, tak hanya Timnas yang diuntungkan melainkan juga klub di mana para pemain bernaung.Itulah keuntungan yang didapat Timnas Indonesia jika keluar dari AFF.

 Selain terhindar dari praktik match fixing atau sepak bola gajah, nasib Timnas Indonesia juga lebih terjamin oleh FIFA.iNewsMadiun

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut