get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Sosok dan Pemikiran A Hassan, Sang Raja Debat Persis

Sabtu, 30 Juli 2022 | 23:29 WIB
header img
A Hassan atau Ahmad Hassan. (Foto: ist)

Perdebatan yang dilakukan dengan berbagai tokoh, pendeta yang digelar beberapa kali boleh dikatakan tak terkalahkan. Menariknya, dalam beberapa perdebatan yang digelar A Hassan berhasil mengislamkan kaum Atheis.

A Hassan (duduk sebelah kiri) (foto: ist)

Keberanian A Hassan berdebat yang demikian itu pada akhirnya memunculkan pemikiran kritis dalam menghancurkan taklid dikalangan umat Islam. A Hassan dikenal tokoh  tegas pemikirannya adalah sosok ulama yang tetap memiliki kelemahan dan kelebihannya.

A Hassan seorang ulama yang tetap berpenampilan sederhana, memakai sarung dari kain pelekat India, jas putih, tutup leher, memakai sepatu, dan berpeci hitam dalam menghadiri berbagai pertemuan.

Sikap pendirian A Hassan yang keras, kuat dan terkadang kontroversial terutama berhadapan berbagai persoalan yang tidak sesuai ajaran Islam, bahkan tak jarang menimbulkan reaksi banyak orang hingga timbul kebencian ,permusuhan yang datang dari teman sendiri.

Ia tetap tegas pada pendiriannya. Namun dibalik itu semua, A Hassan adalah orang yang ramah, santun, supel, pandai bergaul, dan hormat pada siapapun walau pada musuhnya sendiri.

Di balik sosok yang dikenal tegas, A Hassan adalah penulis yang produktif dengan karya-karya. Bukunya berbahasa Indonesia jumlahnya mencapai puluhan dari masalah agama, di antaranya masalah taklid, seperti At Tauhid, Pengajaran Sholat, Halalkah Bermadzab, dan lainnya.

iNewsMadiun

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut