get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Kondisi Eropa Seperti Zaman Api, Dihantam Gelombang Panas dan Kebakaran Hutan

Senin, 25 Juli 2022 | 07:00 WIB
header img
Kondisi Eropa seperti zaman api, dihantam gelombang panas dan kebakaran hutan (Foto: AFP/Cesar Manso)

JAKARTA,iNewsMadiun.id - Selama berhari-hari, suhu di Eropa telah meroket di atas 38 Celcius. Suhu tersebut memecahkan rekor dan memicu kebakaran hutan besar yang telah memaksa puluhan ribu orang mengungsi dari rumah mereka.

Dari Portugal, Spanyol hingga Yunani, api telah menyebar seperti penyakit menular. Di pedesaan sekitar Bordeaux, Prancis, sekitar 194 Km persegi telah hangus dalam seminggu terakhir.

Api bahkan berkobar di seluruh London, sebuah kota yang tidak dikenal dengan cuaca kebakaran.

Kebakaran hutan, tentu saja, merupakan fenomena alam yang sempurna dan secara berkala mengatur ulang ekosistem untuk pertumbuhan baru sepanjang sejarah.

Namun, di zaman modern, berkat campur tangan manusia dengan iklim dan lanskap, kebakaran ini telah menggelembung menjadi binatang buas yang tidak alami dan justru melenyapkan ekosistem. Sejarawan api, Stephen Pyne, menyebut kondisi ini Pyrosen, zaman api.

Selama beberapa tahun terakhir, banyak faktor telah mendorong terciptanya kebakaran hutan besar-besaran yang terlihat di Australia dan California.

Perubahan iklim telah melahirkan gelombang panas yang lebih intens dan musim kemarau yang lebih panjang, dengan vegetasi yang lebih segar dan siap terbakar.

Dan tempat tinggal manusia berkembang dari pusat kota ke zona liar yang semakin kering ini. Di California, misalnya, orang-orang dari daerah pesisir pindah ke daerah yang lebih murah di bagian timur negara bagian yang berhutan.

Satu-satunya yang konstan di antara kebakaran hutan adalah manusia akan menemukan cara untuk memulainya, apakah itu percikan api dari rokok, mesin pemotong rumput, atau kembang api.

“Di AS, kami memiliki masalah kebakaran hutan belantara. Kamu mendefinisikannya sebagai orang yang dengan bodohnya pindah ke daerah rawan kebakaran. Di Eropa juga memiliki masalah yang sama. Banyak orang yang pindah ke daerah itu,” kata Pyne seperti dikutip dari Wired, Kamis (21/7/2022).

Di negara-negara seperti Portugal, Spanyol, dan Yunani, pembangunan ekonomi telah memicu migrasi ke kota-kota dan menjauh dari industri penggembalaan, seperti pertanian dan peternakan.

“Pergeseran ekonomi itu berarti tidak ada cukup orang di lanskap untuk mempertahankan pembakaran tradisional atau mempertahankan penggunaan lahan tradisional,” kata Pyne.

Selama ribuan tahun, para petani secara teratur membakar lahan mereka untuk membersihkan semak-semak yang mati dan membuka jalan bagi pertumbuhan baru, dan untuk menurunkan risiko kebakaran besar-besaran.

Namun, seperti di California, banyak komunitas Eropa modern telah beralih ke strategi yang disebut pemadaman kebakaran, artinya memadamkan kebakaran hutan dengan cepat sebelum sempat menyebar, menghancurkan properti, dan membunuh orang. Itu berarti bahan bakar menumpuk di pedesaan, siap untuk dibakar.

Karena sekarang ada lebih sedikit orang yang tinggal di pedesaan dan juga undang-undang konservasi yang lebih ketat, hutan telah tumbuh. Meskipun itu bagus untuk satwa liar, itu juga menambah bahan bakar ke lanskap.

Dengan lebih sedikit hewan yang merumput untuk mengunyah rumput, bahan bakar yang sangat mudah terbakar itu semakin menumpuk.

“Jadi Anda mulai melihat api ini padam, dan itu tidak henti-hentinya,” lanjut Pyne.

Perubahan demografis dan migrasi ke kota terjadi bersamaan dengan perubahan iklim.

Iklim Mediterania, baik di wilayah sekitar Laut Mediterania maupun di tempat-tempat serupa seperti California sudah rawan kebakaran.

Musim dingin dan musim semi di mana hujan mendorong pertumbuhan tanaman, lalu mengering di musim panas yang kering dan berubah menjadi bahan bakar. Krisis iklim telah membuat kondisi itu lebih kering dan menimbulkan panas lebih lama.

“Ini adalah penambah performa. Kami melihat perubahan iklim memperbesar kondisi itu,” ucap Pyne.

Jika angin kering dan panas bertiup, ia dapat dengan cepat menyedot kelembapan dari rerumputan, ranting, semak dan benda yang sangat mudah terbakar. Pohon-pohon besar dapat mempertahankan kelembapannya dan menahan api, tetapi vegetasi lainnya terbakar.

Sementara itu, ilmuwan kebakaran, Rein mengatakan cara terbaik untuk mengurangi risiko adalah dengan menipiskan vegetasi berlebih dan melakukan pembakaran yang lebih terkontrol. Tetapi dia menunjukkan bahwa ini bisa menjadi ide yang sulit diterima publik.

“Saya dari Spanyol, saya tumbuh besar dan dibesarkan di dunia di mana setiap kebakaran adalah salah. Beberapa orang keberatan dengan asap, yang dapat memperburuk kondisi pernapasan seperti asma,” ucap Rein.

Seorang komandan insiden untuk Catalan Fire Service dan seorang analis kebakaran yang berbasis di Spanyol, Marc Castellnou mengatakan dalam hidupnya sebagai petugas pemadam kebakaran, ukuran hutan di negaranya telah berlipat ganda.

“Jadi ada perubahan dalam masyarakat kita menjadi lebih urban, dan kita kehilangan pengelolaan lanskap,” kata Marc.

Kebakaran hutan menjadi lebih sulit untuk dikelola, katanya, karena lahan tidak dikontrol secara aktif dengan penjarangan vegetasi dan pembakaran yang disengaja.

“Masalahnya adalah kita sebagai masyarakat hanya bereaksi terhadap masalah, membangun kapasitas pemadam kebakaran. Kami belum membangun manajemen ekosistem,” tutup Marc.

Namun, yang benar-benar menarik, lanjut Pyne, adalah melihat api mulai bergerak ke Eropa Tengah. Itu adalah wilayah yang lebih beriklim sedang dan secara historis tidak memiliki siklus basah-kering Mediterania yang teratur.

Kendati demikian, karena mengalami gelombang panas yang semakin ekstrem, kebakaran hutan dapat memakan kondisi yang berubah setiap jam selama peristiwa panas ini, bahkan jika wilayah tersebut belum terjebak dalam kekeringan selama bertahun-tahun, seperti yang dialami California.iNewsMadiun

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut