get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Tak Hiraukan Komentar Orang, Wanita India Ini Tumbuhkan Kumis Tebal, Tuai Pujian dan Kritikan

Minggu, 24 Juli 2022 | 06:30 WIB
header img
Wanita India memutuskan menumbuhkan kumis, tuai apresiasi dan ejekan (Foto: Shyja)

KERALA, iNewsMadiun.id - Seorang wanita India yang berkumis telah menerima apresiasi dan ejekan dari warganet. 

Tapi dia mengaku tidak terpengaruh dengan semua komentar tentang dirinya.

"Saya suka kumis saya," kata Shyja, 35, di bagian status WhatsApp-nya, di bawah foto dirinya.

Dia sering ditanya mengapa dia berkumis oleh orang-orang yang melihat fotonya di Facebook atau bertemu langsung dengannya.

 

"Yang bisa saya katakan adalah saya menyukainya. Sangat," lanjutnya.

Shyja, yang hanya menggunakan satu nama, tinggal di distrik Kannur di negara bagian selatan Kerala. Seperti banyak wanita, dia memiliki gumpalan rambut wajah di atas bibirnya selama bertahun-tahun.

Meskipun dia secara teratur akan merapikan alisnya, namun Shyja mengatakan dia tidak pernah merasa perlu untuk menghilangkan rambut di atas bibir atasnya.

 

Sekitar lima tahun yang lalu, kumisnya mulai menebal dan dan Shyja memutuskan untuk memeliharanya.

"Saya tidak bisa membayangkan hidup tanpanya sekarang. Ketika pandemi Covid dimulai, saya tidak suka memakai masker sepanjang waktu karena menutupi wajah saya," katanya.

Banyak orang yang melihatnya mendesaknya untuk menyukur kumisnya tetapi Shyja menolak.

"Saya tidak pernah merasa bahwa saya tidak cantik karena saya memiliki ini atau itu sesuatu yang tidak seharusnya saya miliki,” ujarnya.

Bagi Shyja, berkumis bukan tentang membuat pernyataan, tapi itu hanya bagian dari siapa dia.

"Saya hanya melakukan apa yang saya suka. Jika saya memiliki dua kehidupan, mungkin saya akan hidup satu untuk orang lain," katanya.

 

Beberapa dari sikap ini berasal dari berjuang melawan masalah kesehatan selama bertahun-tahun. Shyja telah menjalani enam operasi selama satu dekade - satu untuk menghilangkan benjolan di payudaranya, yang lain untuk menghilangkan kista di ovariumnya. Operasi terakhirnya adalah histerektomi lima tahun lalu.

 

"Setiap kali saya keluar dari operasi, saya berharap bahwa saya tidak perlu kembali ke ruang operasi lagi," ujarnya.

Mengatasi berbagai krisis kesehatan semakin memperkuat keyakinan Shyja bahwa dia harus menjalani hidupnya dengan cara yang membuatnya bahagia.

Shyja mengatakan dia adalah anak yang pemalu saat tumbuh dewasa. Wanita di desanya hampir tidak terlihat di luar rumah setelah jam 18.00.

Meskipun Kerala adalah salah satu negara bagian paling progresif di India, dengan indikator pembangunan yang tinggi, namun sikap patriarki tetap ada di sebagian besar wilayah, dan wanita sering kali tidak disarankan untuk bepergian atau tinggal sendiri.

Ketika dia menikah dan pindah ke negara bagian tetangga Tamil Nadu, Shyja mengatakan dia senang menemukan kebebasan baru.

“Suami saya akan pergi bekerja dan pulang larut malam. Jadi saya akan duduk di luar rumah pada malam hari, kadang-kadang saya berjalan ke toko sendirian di malam hari jika saya membutuhkan sesuatu. Tidak ada yang peduli. Dengan sendiri, itu membangun kepercayaan diri saya," katanya, seraya menambahkan bahwa dia mencoba untuk menularkan sikap ini kepada putrinya yang masih remaja.iNewsMadiun

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut