get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Kisah Tragis Michael Rockefeller Cicit Orang Terkaya di Dunia Hilang di Papua Jasadnya Tak Ditemukan

Sabtu, 16 Juli 2022 | 14:00 WIB
header img
Michael Clark Rockefeller, generasi keempat keluarga Rockefeller yang hilang misterius saat ekspedisi meneliti suku Asmat, Papua. (Foto : Twitter)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Namanya Michael Clark Rockefeller. Ketika itu dia baru berusia 23 tahun dan penuh dengan semangat menelusuri dunia baru. 

Salah satu ekspedisinya yakni meneliti suku Asmat di pedalaman Papua. Pada 17 November 1961, Rockefeller muda hilang. Peristiwa ini sontak mengguncang dunia hingga dilakukan pencarian besar-besaran. Namun hingga detik ini, jasadnya tak pernah ditemukan.

Michael Rockefeller bukan pemuda sembarangan. Ayahnya, politikus Partai Republik, terpilih sebagai Gubernur New York pada 1959. Setelahnya itu sang ayah menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat mendampingi Gerald Ford (1974-1977).

Michael generasi keempat dari keluarga Rockefeller yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Kakek buyutnya, John D Rockefeller, merupakan taipan minyak yang juga salah satu pendiri Standard Oil. 

 

Peristiwa hilang misteriusnya Michael di Papua bermula saat ekspedisinya bersama antropolog Belanda, Rene Wassing. Mereka menggunakan sampan mengarungi pantai di Papua. Tujuan mereka, mempelajari suku Asmat yang sebelumnya diungkap sineas Prancis Pierre Dominique Gaieseau dalam film berjudul Sky Above and Mud Beneath.

Michael Rockefeller lahir pada 18 Mei 1938. Dia bersekolah di The Buckley School, New York, kemudian Akademi Phillips Exeter di New Hampshire. Pendidikan tinggi dijalani di kampus terpandang, Unversitas Harvard dan lulus dengan predikat cumlaude.

 

Saat kuliah itulah dia tergabung dalam ekspedisi Museum Arkeologi dan Etnologi Peabody Harvard untuk mempelajari antropologi Suku Dani di Lembah Baliem, Papua.

"Dia berusia 23 tahun, putra istimewa Gubernur New York Nelson Rockefeller, tujuh bulan dalam petualangan seumur hidup yang telah mengubahnya dari siswa rapi menjadi fotografer dan kolektor seni berewok," kata Carl Hoffman dalam artikel berjudul What Really Happened to Michael Rockefeller yang diterbitkan Smithsonian dikutip Sabtu (16/7/2022).

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut