get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

3 Lokasi Wisata Sejarah Bernuansa Mistis Dipastikan Bulu Kuduk Merinding

Senin, 04 Juli 2022 | 22:00 WIB
header img
Pulau Nusakambangan terlihat dari Segara Anakan. Ada sejumlah misteri Pulau Nusakambangan yang diyakini masyarakat sampai sekarang. (Foto: Elde Joyosemito)

SEMARANG, iNewsMadiun. id - Pulau Jawa selain menyimpan wisata alam yang indah serta menarik, ternyata juga terdapat wisata sejarah.

Beberapa tempat wisata sejarah di Pulau Jawa ini ternyata juga ada yang menyimpan kisah mistis.

Beberapa kisah mistis itu bahkan cukup dikenal luas di masyarakat. Setidaknya terdapat tiga tempat wisata sejarah yang menyimpan kisah mistis di Pulau Jawa. Berikut lokasinya seperti dirangkum MNC Portal.

Urutan pertama merupakan tempat wisata paling populer, lokasinya terletak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

1. Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan terkenal sebagai tempat diasingkannya para narapidana. Terdapat tujuh penjara besar, di antaranya Batu, Karanganyar, dan Pasir putih, yang dijaga superketat oleh aparat dan merupakan lokasi eksekusi mati beberapa terpidana kelas kakap.

Kesan mistis sangat kuat menyelimuti Pulau Nusakambangan, apalagi pulau ini sempat menjadi tempat eksekusi mati para narapidana.

Terdapat sejumlah kisah horor, salah satunya suara misterius yang sering didengar warga sekitar.

Ada pula kisah hantu Mbah Sukur, yaitu sosok hantu tanpa kepala yang sering berjalan tak tentu arah mengitari penjara Nusakambangan.

Dikisahkan bahwa Mbah Sukur merupakan narapidana yang dulu dieksekusi tembak kemudian dipenggal. Ia kerap muncul di tanggal eksekusinya untuk memperingati hari kematiannya.

2. Goa Jepang Dago Pakar

Goa Jepang menjadi salah satu spot yang tidak boleh dilewatkan apabila berkunjung ke Taman Hutan Raya Bandung. Selain dapat merasakan udara segar di sekitarnya, Goa Jepang ini terkenal dengan kisah mistisnya.

Kesan mistis memang sangat lekat dengan lokasi wisata sejarah ini.

Konon, pengunjung kerap melihat arwah-arwah tentara Jepang, hingga warga yang dulunya disiksa dan dibunuh di dalamnya.

Ada pula mitos yang melarang menyebutkan kata ‘lada’ apabila berkunjung ke Goa Jepang Bandung. Apabila mengatakannya, maka konon akan terjadi sesuatu seperti kesurupan hingga ditampakkan sosok yang menyeramkan.

3. Lawang Sewu

Warga Kota Semarang maupun pelancong dari luar kota tentu mengenal wisata sejarah yang satu ini. Lawang Sewu berarti seribu pintu, merujuk kepada jumlah pintu di Lawang Sewu yang berjumlah sangat banyak. Namun selain hal tersebut, Lawang Sewu juga terkenal dengan kisah angkernya.

Salah satu ruangan yang disebut angker adalah ruang bawah tanah di Lawang Sewu.

Ketika Jepang berkuasa, ruang bawah tanah memang digunakan sebagai penjara bawah tanah sekaligus tempat pembantaian penduduk pribumi maupun tentara Belanda.

Konon, pengunjung sering kali mendengar suara-suara misterius dan penampakan makhluk astral di ruangan tersebut.iNewsMadiun

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut