get app
inews
Aa Read Next : Gubernur Khofifah Sampaikan Belasungkawa atas Meninggalnya Ayahanda Emil Dardak

Agama yang Dianut Warga Turki

Sabtu, 02 Juli 2022 | 23:47 WIB
header img
Anggota paduan suara Kristen Siria menghadiri misa Natal di Gereja Ortodoks Siria Perawan Maria di Diyarbakir, Turki, 25 Desember 2017. (Foto/REUTERS/Sertac Kaya)

Jajak pendapat lain yang dilakukan Gezici Araştırma pada 2020 mewawancarai 1.062 orang di 12 provinsi dan menemukan 28,5% Generasi Z di Turki mengidentifikasi diri sebagai tidak beragama.

CIA World Factbook melaporkan Islam adalah agama 99,8% dari populasi Turki, dengan Muslim Sunni sebagai sekte terbesar, sementara 0,2% adalah Kristen dan Yahudi.

Namun, tidak ada statistik resmi pemerintah yang merinci keyakinan agama orang Turki, juga tidak ada data agama yang tercatat dalam sensus negara tersebut.

Akademisi menyarankan populasi Alevi mungkin dari 15 hingga 20 juta, sedangkan Federasi Alevi-Bektasi menyatakan bahwa ada sekitar 25 juta.

Menurut majalah Aksiyon, jumlah Dua Belas Syiah (tidak termasuk Alevi) adalah tiga juta (4,2%). Kekristenan memiliki sejarah panjang di Turki saat ini, yang merupakan tempat kelahiran banyak rasul dan orang suci Kristen.

Antiokhia (Antakya) dianggap oleh tradisi sebagai tempat di mana Injil ditulis, dan di mana para pengikut Yesus disebut Kristen untuk pertama kalinya.

Konstantinopel umumnya dianggap sebagai pusat dan "tempat lahir peradaban Kristen Ortodoks". Persentase orang Kristen di Turki turun dari 17,5% (tiga juta pengikut) dalam populasi 16 juta menjadi 2,5% persen pada awal abad ke-20.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut