get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Pemindahan Jenazah TPU Desa Lebanisuko Gresik ke Pemakaman Baru Hormati Adat Istiadat Masyarakat

Selasa, 28 Juni 2022 | 18:51 WIB
header img
Petugas memindahkan jenasah ke komplek pemakaman baru dengan mobil Ambulance yang berjarak sejauh 600 meter di makam lama.(foto iNewsGresik/Agus Ismanto)

GRESIK,iNewsMadiun.id- Pembongkaran sebanyak 390 jenasah di kompleks pemakaman umum desa Lebanisuko, kecamatan Wringinanom, kabupaten Gresik yang sempat viral di media sosial mendapatkan tanggapan dari manajemen PT Waskita Bumi Wira, selaku pengelola proyek penyambungan TOL KLBM  dengan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

Sekretaris PT Waskita Bumi Wira, Dicki Fajar Novianto, mengatakan, pemindahan jenazah dilkukan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol KLBM bekoordinasi dengan ahli waris, dan tokoh masyarakat setempat, terkait tata cara pemindahan. 

“Kami fasilitasi kebutuhan upacara, selamatan, atau ada adat yang harus dijalankan. Apakah itu harus satu-satu dipindahkan, dilaksanakan oleh kami, atau ahli waris. Itu bergantung keinginan ahli waris, agar merasa nyaman terkait pemindahan (jenazah ke area makam baru),” terangnya kepada wartawan, Senin (27/06/2022). 

Ia mengatakan, koordinasi dilakukan untuk menghormati adat istiadat masyarakat setempat. Karena setiap daerah memunyai nilai atau adat berbeda-beda terkait dengan pemakaman, khususnya menghormati sesepuh keluarga dan makam secara umum.

"Jadi tidak asal memindahkan, tetapi menganut adat istiadat masyarakat setempat," tukasnya.

Warga juga telah mendapatkan tukar guling pemakaman seluas 2.700 meter persegi atau lebih luas dari
pemakaman sebelumnya seluas 1.500 meter persegi. Lokasinya hanya berjarak sejauh 600 meter dari lokasi pemakaman lama.

"Semua prosedur telah dilalui. Semoga pembangunan berjalan lancar sesuai jadwal yakni pada bulan Oktober mendatang," tambahnya.

Terkait besarnya kompensasi,  Dicki Fajar mengatakan, bukan menjadi kewenangannya. Karena dilakukan Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Tol KLBM dengan pemerintah desa setempat. “Kalau memang ada, ya diberikan sesuai haknya ahli waris itu untuk mendapat taliasih," pungkasnya. 

Dikatakannya, pemindahan makam telah tuntas 100 persen. Pemancangan konstruksi proyek penyambungan tol KLBM dengan tol Sumo telah dilakukan senin pagi tadi.

"Mohon doa restunya, pembangunan proyek berjalan lancar sehingga pada bulan oktober mendatang, tol KLBM sudah tersambung dengan tol Sumo dan sudah dapat dilintasi," pungkasnya. iNewsMadiun
 

 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut