Hasil Drawing Piala Dunia 2022 Qatar, Timnas Jerman-Spanyol Satu Grup, Italia Jadi Penonton

Hendri Kurniawan/Sportstar.id
Drawing Piala Dunia 2022 (Foto: Reuters)

DOHA - Hasil drawing Piala Dunia 2022 sudah diketahui pada Jumat (1/4/2022) malam WIB di Doha, Qatar. Pertandingan akbar bakal tersaji karena Timnas Spanyol dan Timnas Jerman berada di grup yang sama. Kedua negara kuat asal Eropa tersebut tergabung di Grup E. Sebagaimana diketahui, Prancis adalah juara bertahan dan telah memenangi Piala Dunia sebanyak dua kali. Sementara Spanyol satu kali menjadi kampiun Piala Dunia. Adapun Timnas Italia tetap menjadi penonton Piala Dunia. Isu Timnas Italia bakal menggantikan Timnas Iran di babak final Piala Dunia hanya isu semata. 

Grup E juga diisi dengan Jepang, yang merupakan wakil kuat asal Asia. Adapun negara terakhir yang menjadi penghuni Grup E akan diperebutkan oleh Kosta Rika dan Selandia Baru yang mesti menjalani pertandingan playoff lebih dulu.

Grup lainnya yang tak kalah menarik dalam perhelatan Piala Dunia 2022 ini adalah Grup H. Pasalnya, kekuatan negara yang tergabung di grup ini relatif berimbang dengan Timnas Portugal, Uruguay, Korea Selatan, dan Ghana.

Jika melihat dari materi kekuatan, Timnas Uruguay dan Portugal bisa dibilang cukup diunggulkan untuk lolos ke 16 besar. Namun, bukan tak mungkin Korea Selatan dan Ghana mampu membuat kejutan. Sementara tuan rumah Qatar memiliki peluang juga untuk lolos ke fase gugur lantaran lawan-lawan yang dihadapi tidak terlalu berat. Grup A diisi oleh Qatar, Belanda, Senegal, dan Ekuador.

Sementara itu, sanksi hukuman kepada Timnas Iran sempat memunculkan kabar jika Timnas Italia berpeluang untuk mengantikan posisi mereka di Piala Dunia 2022. Namun, isu miring itu langsung dibantah Anggota Eksekutif FIFA, Evelina Christillin. Peluang Gli Azzurri -julukan Timnas Italia- untuk terbang ke Qatar kembali terwujud setelah Iran diterpa kabar buruk.


Bek Timnas Italia, Giorgio Chiellini, kecewa berat setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2022 (Foto: Reuters/Guglielmo Mangiapane)

FIFA berencana memberikan sanksi kepada Iran yang sudah resmi lolos ke Piala Dunia 2022. Sanksi tersebut tejadi pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 terakhir yang mereka lakoni. Pasalnya sekitar dua ribu wanita yang sudah membeli tiket dilarang masuk ke stadion.

Namun Christillin menegaskan bahwa Italia sudah tidak ada harapan untuk tampil di ajang empat tahunan itu. Jika memang Iran dicoret, wakil Asia lainnya yang akan masuk. "Kami mengadakan pertemuan eksekutif FIFA pada hari Rabu di Qatar dan hari ini mengadakan kongres dengan semua delegasi, termasuk Iran," kata Christillin dikutip dari Football Italia, Jumat (1/3/2022). "Kami tidak pernah membahas mengeluarkan mereka dari Piala Dunia. Bahkan jika mereka (dicoret), itu akan menjadi milik negara Asia lain yang dipromosikan mengantikan tempat mereka," imbuhnya dengan tegas.

"Mari kita singkirkan ide ini dari kepala kita bahwa Italia bisa pergi ke Piala Dunia, itu tidak mungkin dan gagasan bahwa mereka bisa dipanggil kembali adalah sesuatu yang mustahil!," tutup Christillin.

Sekadar informasi, Marco Verratti dan kawan-kawan gagal mengamankan tiket Piala Duni 2022 karena kesalahan sendiri. Mereka terlempar ke babak play-off saat diimbangi Swiss dan Irlandia Utara di kualifikasi. Padahal, mereka sangat membutuhkan kemenangan. Dan sat menjamu Makedonia Utara di babak play-off, mereka malah kalah 0-1. Tidak ada gol yang tercipta meski melancarkan 32 tembakkan. Sekarang tim asuhan Roberto Mancini itu hanya bisa bersedih dan meratapi kesalahan mereka. Namun, mereka juga harus cepat berbenah mengingat Italia berstatus jawara Eropa 2020.

Berikut hasil drawing Piala Dunia 2022:

Grup A: Qatar, Belanda, Senegal, Ekuador

Grup B: Inggris, Amerika Serikat, Iran, Wales/Ukraina/Skotlandia

Grup C: Argentina, Meksiko, Polandia, Arab Saudi

Grup D: Prancis, Denmark, Tunisia, Uni Emirat Arab/Australia/Peru

Grup E: Spanyol, Jerman, Jepang, Kosta Rika/Selandia Baru

Grup F: Belgia, Kroasia, Maroko, Kanada

Grup G:  Brasil, Swiss, Serbia, Kamerun

Grup H: Portugal, Uruguay, Korea Selatan, Ghana

 

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network