get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

8 PO Bus Tertua di Indonesia Bertahan hingga Sekarang, Ada yang Beroperasi sejak Zaman Penjajahan

Selasa, 24 Mei 2022 | 05:30 WIB
header img
Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (23/5/2022), berikut deretan PO bus tertua di Indonesia bertahan sampai sekarang. (Foto: Istimewa/Tangkapan Layar)

4. Safari Dharma Raya atau OBL

Lebih dikenal dengan OBL yang merupakan singkatan nama dari pendirinya yaitu Oei Bie Lay atau Darmoyono. Safari Dharma Raya juga menjadi salah satu PO tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak 1969 silam. PO bus yang berkantor pusat di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ini memiliki rute Magelang menuju Ngadirejo, Jakarta-Yogyakarta. OBL telah membuktikan manajemennya yang sangat bagus, terbukti OBL masih eksis hingga saat ini.

5. Antar Lintas Sumatera (ALS)

Untuk yang sering berpergian dari Sumatera menuju Jawa ataupun sebaliknya pasti tidak asing lagi dengan perusahaan otobus satu ini, yakni PO Bus Antar Lintas Sumatera (ALS). Didirikan di Mandailing Natal, Sumatera Utara pada 29 September 1966, ALS menjadi salah atu PO bus tertua di Indonesia. Tidak hanya itu, ALS juga dinobatkan sebagai bus yang memiliki trayek terjauh di Indonesia.

6. Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH)

Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH) merupakan perusahaan jasa transportasi angkutan penumpang darat berasal dari Aceh. PMTOH adalah salah satu perusahaan otobus tertua di Indonesia. PMTOH telah berdiri sejak 1957 dan melayani berbagai rute dari Banda Aceh menuju medan dan beberapa kota di Pulau Jawa. Untuk armada yang diandalkan PMTOH ini adalah bus yang menggunakan sasis Mercedes-Benz.

7. Naikilah Perusahaan Minang (NPM)

Naikilah Perusahaan Minang (NPM) merupakan PO bus tertua di Sumatera Barat dan tertua di Indonesia. Bagaimana tidak perusahaan ini telah beroperasi sebelum kemerdekaan Republik Indonesia, yakni sekitar tahun 1937. Didirikan di Padangpanjang, Minangkabau, Sumatera Barat, NPM saat ini sudah berumur 85 tahun. Meski demikian NPM masih menjadi perusahaan otobus terkenal dan populer sampai sekarang.
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut