get app
inews
Aa Read Next : Begini Kesaksian Tentara Ukraina Perang Lawan Rusia: Drone Dibajak hingga Dihujani Artileri

Inilah Kerusakan yang di Sebabkan Invasi Rusia ke Ukraina yang Terekam Citra Satelit

Kamis, 10 Maret 2022 | 14:10 WIB
header img
Foto Satelit Tunjukkan Kerusakan Ukraina Akibat Serangan Rusia (Foto: Maxar Technologies)

JAKARTA, iNews.id - Kerusakan yang diakibatkan Invasi Rusia ke Ukraina sangat parah menghantam kota pelabuhan selatan Mariupol. Kehancuran kota pelabuhan ditunjukkan foto-foto dari satelit terbaru. 

Militer Rusia telah mengepung Mariupol selama seminggu, menggempur kota dengan rentetan rudal dan artileri. The New York Times melaporkan senjata-senjata ini mengenai sasaran sipil maupun militer. Misalnya, salah satu rumah sakit bersalin Mariupol dihancurkan pada Rabu (9/3/2022). 

Citra satelit memberikan gambaran seberapa luas kehancuran di Mariupol, yang memiliki populasi sekitar 500.000 sebelum invasi dimulai. Foto-foto, yang diambil pada Rabu pagi oleh pesawat ruang angkasa Maxar Technologies WorldView-3, menggambarkan kerusakan parah "pada infrastruktur sipil di dalam dan sekitar kota, termasuk rumah tinggal, gedung apartemen bertingkat tinggi, toko kelontong dan pusat perbelanjaan.

Pada Rabu, satelit WorldView-2 Maxar juga menangkap pemandangan rumah sakit bersalin sebelum dihancurkan. Satelit Maxar telah memantau invasi di bagian lain Ukraina juga. Misalnya, pada hari Selasa (8 Maret), WorldView-3 mengambil gambar baru di sekitar Kyiv, ibu kota Ukraina, sebagaimana dikutip dari Space. 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut