get app
inews
Aa Read Next : Simak Baik-baik, Ini Hasil Pengundian Nomor Urut Pilpres 2024, Ganjar-Mahfud Nomor 3

Ganjar-Mahfud: Mewakili Kekuatan Politik Nasionalis-Religius di Indonesia 

Selasa, 28 November 2023 | 12:34 WIB
header img
Ganjar-Mahfud mendapat nomor urut 3 pada pengundian nomor urut Pilpres di KPU RI, Selasa (14/11/2023). Foto: inews.id

Selain itu sejak muda Ganjar Pranowo juga dikenal sebagai aktivis Mahasiswa yang berhaluan nasionalis yaitu Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di UGM Yogyakarta. Sehingga sosok Ganjar Pranowo merupak sosok yang tepat mewakili kelompok kekuatan politik Nasionalis di Indonesia. 

 Kelompok politik berhaluan religius (agama) adalah kelompok politik berideologi Islam atau Islamisme yang berkeyakinan bahwa Islam harus menjadi pedoman bagi segala segi kehidupan manusia, baik sosial, ekonomi, politik, budaya, serta kehidupan pribadi. Kelompok Islamisme menentang paham sekularisme yang menyerukan pemisahan antara agama dengan politik. Pendukung Islamisme dapat memiliki penafsiran yang berbeda dalam menafsirkan ayat-ayat dan surat dalam Al-Quran.

Islamisme di Indonesia dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk politik identitas atau dukungan terhadap identitas Muslim. Kelompok ini terwujud dalam berbagai Partai politik di Indonesia, diantaranya Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Sumber: Monica Ayu Caesar, https://amp.kompas.com/nasional/read/2022/06/11/03000001/ideologi-partai-politik-di-indonesia-nasionalis-dan-islamis/)

Dari konsepsi diata maka sosok Cawapres Prof Mahfud MD sangat tepat dan pas mewakili dan representasi dari kelompok kekuatan politik Religius di Indonesia. Hal itu terkonfirmasi dari rekam jejak politik Prof Mahfud dalam kancah perpolitikan Indonesia. 

Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P., dikenal dengan nama Mahfud MD adalah seorang akademisi, hakim, dan politisi berkebangsaan Indonesia.   Salah satu politisi Indonesia yang pernah menduduki di lembaga politik lengkap dari lembaga Eksekutif (Menteri Pertahanan & Menko Polhukam), Yudikatif (Ketua Mahkamah Konstitusi) dan Legislatif (Anggota DP RI PKB) dan pernah menjadi Wakil Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP PKB (2002–2005).

Dan sejak muda Prof Mahfud dikenal sebagai aktivis Islam Indonesia di Universitas Islam Indonesia (UII). Beliau pernah aktif di Pelajar Islam Indonesia (PII), di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), di Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), di organisasi NU dan sebagainya. Sehingga sosok Prof Mahfud merupak sosok yang tepat mewakili kelompok kekuatan politik religius di Indonesia. 

* Sekretaris DPD KNPI Jawa Timur &
TPD Ganjar Mahfud Jawa Timur & Ketua Umum Jaringan Nasional Marhaenis Muhammadiyah

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut