get app
inews
Aa Read Next : 10 Tahun Jadi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo Ternyata Tak Punya Rumah di Semarang

Mahfud MD Diumumkan Cawapres Ganjar Pranowo pada Rabu Pahing, Begini Artinya Menurut Primbon Jawa

Rabu, 18 Oktober 2023 | 14:42 WIB
header img
Capres Ganjar Pranowo bersama Cawapres Mahfud MD diumumkan pada Rabu Pahing (18/10/2023). Foto:Tangkapan Layar Sindonews.com/Aziz Indra

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi para ketua umum partai politik pengusung Bacapres, Ganjar Pranowo, secara resmi mengumumkan Mahfud MD sebagai Bacawapres. Pengumuman Mahfud MD disampaikan di Kantor DPP PDIP, Rabu (18/10/2023). Disengaja atau tidak, pengumuman Mahfud MD sebagai bacawapres dilakukan pada hari pasaran Pahing, sama dengan saat pengumuman Ganjar Pranowo sebagai Bacapres. Pasaran Pahing juga sering kali dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk melantik pejabat negara.

Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) Malang, Taufan Hendro Baskoro menyebut, hari pasaran Pahing dalam hitungan Jawa merupakan tempatnya Dewa Brahma. "Pemilihan hari ini, tentunya sudah diperhitungkan secara matang," ungkap Taufan dikutip dari Sindonews.com, Rabu (18/10/2023).

Akademisi kelahiran Tulungagung, dan tengah menempuh pendidikan doktoral di State University of New York di Binghamton (SUNY Binghamton) atau Binghamton University ini menyebutkan, Rabu Pahing kali ini berada di Wuku Wuye. "Berdasarkan Paringkelan, dan Dina Padewan, hari ini merupakan Sadwara Tungle dan Astawara Ludra, yang artinya merupakan hari baik atau tanpa halangan. Pada hari ini dalam hitungan Pasungdari, merupakan hari kubur, namun juga bertepatan dengan Dina Wali," ungkap Taufan.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut