get app
inews
Aa
Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Turun Rp4 juta harga Mobil Sigra dan Alya Makin Menarik

Sabtu, 22 Januari 2022 | 12:39 WIB
header img

JAKARTA, iNewsMadiun .id - Turun Rp 3 juta-Rp 4 juta Harga Harga mobil Daihatsu Sigra dan Ayla menjadi lebih menarik. penurunan harga initerjadi ketika pemerintah menerapkan diskon PPnBM DTP 100 persen untuk jenis Low Cost Green Car (LCGC).

Pemerintah telah memberikan diskon PPnBM 0 persen untuk mobil-mobil LCGC selama kuartal I di 2022. Sebelumnya, mobil-mobil yang masuk program KBH2 itu dikenakan pajak barang mewah 3 persen.

Aturan ini pun disambut baik oleh Daihatsu. Marketing CR Division Head PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan diskon PPnBM 100 persen bisa mendongkrak permintaan konsumen di pasar otomotif Indonesia. 

"Terlebih, Ayla dan Sigra merupakan merek yang penjualannya terlaris. Kami berharap, relaksasi PPnBM DTP pada segmen LCGC dapat mendorong penjualan mobil ramah lingkungan dan menggairahkan pasar mobil di awal tahun 2022 ini,” ujar Hendrayadi, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu(22/1/2022).

Pemerintah tidak hanya memberi diskon PPnBM pada LCGC saja, namun diskon PPnBM juga akan berlaku pada mobil yang harganya di bawah Rp250 juta. Kendati demikian, tak semua jenis mobil yang harganya di bawah Rp 250 juta masuk ke dalam daftar.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, mengatakan pada kuartal II, pemerintah akan mengurangi insentif PPnBM menjadi 2 persen ditanggung pemerintah, pada kuartal III menjadi 1 persen ditanggung pemerintah, dan pada kuartal IV tarif PPnBM akan kembali normal.

"Adapun untuk kendaraan dengan harga Rp200-250 juta dengan tarif PPnBM 15 persen, pemerintah akan menanggung 50 persen pajak sampai kuartal I. Pada kuartal II sudah membayar full,” kata Airlangga. iNews Madiun

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut