get app
inews
Aa Read Next : Sukses Jual Bakso Rp2.000 per Porsi, Inilah Kisah Mansyur Eks TKI asal Kediri

KPK Periksa Muhaimin Iskandar Hari Ini, Jadi Saksi Dugaan Korupsi Sistem Proteksi TKI

Kamis, 07 September 2023 | 07:20 WIB
header img
Muhaimin Iskandar. Foto:Dok

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Wakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Kamis (7/9/2023). Cak Imin akan dimintai keterangan sebagai saksi dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) yang terjadi pada tahun 2012.

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, menyatakan, "Tim penyidik telah melakukan komunikasi untuk penjadwalan ulang pemeriksaan terhadap Muhaimin Iskandar sebagai saksi dalam perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) di Kemenaker. Pemeriksaan sebagai saksi akan dilakukan pada Kamis."

Pemeriksaan hari ini merupakan penjadwalan ulang dari panggilan sebelumnya pada Selasa (5/9/2023). Pada saat itu, Cak Imin tidak dapat hadir untuk memenuhi panggilan KPK dan meminta penundaan pada hari ini.

Ali menjelaskan bahwa penyidik akan menanyakan kepada saksi mengenai proses pengadaan sistem proteksi TKI di Kemenaker pada tahun 2012. Pengadaan ini diduga merugikan keuangan negara dan terjadi saat Cak Imin menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Dalam proses itu dibutuhkan sikap kooperatif saksi agar proses penegakan hukum tindak pidana korupsi dapat berjalan secara efektif dan memberikan kepastian hukum bagi para pihak yang terlibat," kata Ali.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut