get app
inews
Aa Read Next : Tiga Orang Jemaah Calon Haji Meninggal Dunia di Arab Saudi

Tidak Usah Didebat, Berikut Adab Berdebat sesuai Ajaran Islam

Selasa, 11 Januari 2022 | 18:22 WIB
header img

JAKARTA, iNews.id – Kita sering melihat adu debat antara politikus di televisi. Di pasar-pasar sering terjadi perdebatan bahkan terbawa emosi.  Bagaimana debat yang baik? Allah SWT telah menerangkan tata cara debat yang baik sesuai ajaran Islam dalam Al Quran. Dalam Quran surat Al Baqarah ayat 258, Allah SWT berfirman mengenai perdebatan antara nabi Ibrahim dan orang kafir terkait kekuasaan-Nya.

Arab: اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْ حَاۤجَّ اِبْرٰهٖمَ فِيْ رَبِّهٖٓ اَنْ اٰتٰىهُ اللّٰهُ الْمُلْكَ ۘ اِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّيَ الَّذِيْ يُحْيٖ وَيُمِيْتُۙ قَالَ اَنَا۠ اُحْيٖ وَاُمِيْتُ ۗ قَالَ اِبْرٰهٖمُ فَاِنَّ اللّٰهَ يَأْتِيْ بِالشَّمْسِ مِنَ الْمَشْرِقِ فَأْتِ بِهَا مِنَ الْمَغْرِبِ فَبُهِتَ الَّذِيْ كَفَرَ ۗوَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَۚ Latin: a lam tara ilallażī ḥājja ibrāhīma fī rabbihī an ātāhullāhul-mulk, iż qāla ibrāhīmu rabbiyallażī yuḥyī wa yumītu qāla ana uḥyī wa umīt, qāla ibrāhīmu fa innallāha ya`tī bisy-syamsi minal-masyriqi fa`ti bihā minal-magribi fa buhitallażī kafar, wallāhu lā yahdil-qaumaẓ-ẓālimīn

Artinya: Tidakkah kamu memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim mengenai Tuhannya, karena Allah telah memberinya kerajaan (kekuasaan). Ketika Ibrahim berkata, “Tuhanku ialah Yang menghidupkan dan mematikan,” dia berkata, “Aku pun dapat menghidupkan dan mematikan.” Ibrahim berkata, “Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah ia dari barat.” Maka bingunglah orang yang kafir itu. Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang zalim.

Hadist tentang Perdebatan Debat menurut pandangan Islam merupakan hal yang dibenci oleh Allah SWT. Allah membenci perdebatan karena menyebabkan perselisihan dan permusuhan.

Begini Penjelasan Lengkap Para Ulama Dalam hadist riwyata At-Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada kaum yang sesat setelah petunjukku kecuali orang-orang yang suka berdebat." Melansir buku 'Ensiklopedi Hak & Kewajiban dalam Islam' karya Syaujg Sa'ad yusuf Mahmud Abu Aziz , Bilal bin Sa'ad berkata, "Jika engkau melihat orang keras kepala, suka berselisih dan kagum dengan pendapatnya maka sempurnalah kerugiannya."

Adab Debat yang Baik sesuai Ajaran Islam Dalam Quran surat Al-'Ankabuut ayat 46 Allah SWT berfirman untuk menghindari perdebatan dengan non Muslim, kecuali dengan cara yang baik. Arab: وَلَا تُجَادِلُوْٓا اَهْلَ الْكِتٰبِ اِلَّا بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُۖ اِلَّا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا مِنْهُمْ وَقُوْلُوْٓا اٰمَنَّا بِالَّذِيْٓ اُنْزِلَ اِلَيْنَا وَاُنْزِلَ اِلَيْكُمْ وَاِلٰهُنَا وَاِلٰهُكُمْ وَاحِدٌ وَّنَحْنُ لَهٗ مُسْلِمُوْنَ Latin: wa lā tujādilū ahlal-kitābi illā billatī hiya aḥsanu illallażīna ẓalamụ min-hum wa qụlū āmannā billażī unzila ilainā wa unzila ilaikum wa ilāhunā wa ilāhukum wāḥiduw wa naḥnu lahụ muslimụn Artinya: Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang baik, kecuali dengan orang-orang yang zalim di antara mereka, dan katakanlah, ”Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhan kamu satu; dan hanya kepada-Nya kami berserah diri.” Semoga kita bisa mengamalkan tata cara debat yang baik sesuai ajaran Islam di atas ya.inews

 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut