get app
inews
Aa Read Next : Atlet Bola Voli Korea Terlalu Ganteng, Stres Dibully Netizen lalu Bunuh Diri, Begini Kisahnya

Kisah 2 Sepupu Sunan Kalijaga Bunuh Diri Akibat Ratu Gegelang di Perbatasan Madiun-Ponorogo

Minggu, 18 Juni 2023 | 18:10 WIB
header img
Ilustrasi Sunan Kalijaga
MADIUN, iNewsMadiun.id - Konon dua sepupu Sunan Kalijaga nekat bunuh diri karena raja wanita di Kerajaan Gegelang. Dikisahkan meninggalnya kedua sepupu tersebut karena sang raja memilih sepupu yang lebih muda dari Sunan Kalijaga. Makam dua sepupu Sunan Kalijaga bernama Setrowijoyo dan Setrowirudo ditemukan di bekas keraton Gegelang bernama Gedong.
 
Ratu Gelang adalah salah satu raja wanita yang berdiri di perbatasan Madiun – Ponorogo di wilayah Kerajaan Gegelang. Dikisahkan dalam “Antara Lawu dan Wilis: Arkeologi, Sejarah, dan Legenda Madiun Raya Berdasarkan Catatan Lucian Adam”, kedua sepupu Sunan Kalijaga ini adalah anak dari Prabu Cempolo yang pergi bersama Tambakyudo ke Gelang atas perintah Sunan Kalijaga .
 
Saat keduanya bertemu dengan Ratu Gelang yang cantik, keduanya pun jatuh cinta. Ratu Gelang dikisahkan berawal dari seekor cacing yang berubah menjadi seorang putri dan pernah ditolong oleh Sunan Kalijaga. Saat dia berubah menjadi manusia, hutan di sekitarnya juga berubah menjadi istana. Setelah ditolong oleh Sunan Kalijaga, Ratu Gelang berjanji akan menikahkan putra sulung yang diutus atau diutus oleh Sunan Kalijaga.
 
Namun, ternyata Ratu Gelang naksir pemuda itu. Berada dalam situasi bingung antara janji dan pilihan hatinya, Ratu Gelang meminta kedua pangeran untuk pulang. Keduanya kemudian berpikir bahwa mereka telah ditolak. Setrowijoyo yang merupakan kakaknya kemudian bunuh diri. Menyaksikan hal tersebut, pengawal mereka Tambakyudo memulai pertempuran melawan Ratu Gelang yang telah menghina tuan mereka.

Namun, Tambakyudo kalah dalam pertempuran itu sehingga menyebabkan sang saudara muda Setrowirudo juga menghabisi nyawanya sendiri. Selain versi pertama itu, terdapat pula versi lain yang menceritakan bahwa terdapat dua orang putri yang diharuskan menikahi dua orang putra raja. Putri tertua harus menikah dengan putra tertua, sedangkan yang muda dengan putra kedua sang raja yang nantinya akan menjadi patih. Namun, putri tertua ternyata jatuh cinta pada putra kedua yang seharusnya diperuntukkan bagi adiknya. Akhirnya, Sunan Kalijaga mengembalikan sang putri ke bentuk lamanya (cacing) dan keraton sekitarnya kembali menjadi hutan lebat.

https://daerah.sindonews.com/read/1130015/29/momen-2-sepupu-sunan-kalijaga-bunuh-diri-akibat-ratu-gegelang-di-perbatasan-madiun-ponorogo-1687046809
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut