get app
inews
Aa Read Next : Tendangan Voli Dendy Bawa Timnas Indonesia Mengalahkan Tukrmenistan 2-0

Hormati Pemain Timnas Indonesia, Pelatih Shin Tae-yong Belajar Ajaran Agama Islam

Sabtu, 08 Januari 2022 | 18:43 WIB
header img
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-ternyata mempelajari agama Islam sebagai bekal melatih skuad Garuda.(Foto: PSSI)

KOREA, iNews.id -  Shin Tae-yong ternyata mempelajari ajaran agama Islam sebelum menjadi pelatih Timnas Indonesia. Dia berharap kemampuan memahami Islam bisa digunakan untuk  beradaptasi dan mampu menyusun program latihan Timnas Indonesia tanpa menganggu waktu ibadah personel skuad Garuda.  “Sejak awal, saya mencoba memahami budaya Islam. Ada seorang dokter di Jakarta yang merupakan penganut agama Islam. Saya memintanya untuk bercerita soal agama Islam selama kurang lebih tiga jam,” kata Shin Tae-yong mengutip dari media Korea Selatan, Sportalkorea.

“Saya belajar hal soal Islam dari sana, terutama bagian-bagian mana yang harus diperhatikan. Saya berjanji kepada pemain dan pelatih (lokal) untuk terus menghormati waktu beribadah mereka,” lanjut pelatih asal Korea Selatan tersebut. “Saya juga akhirnya tahu ibadah itu bisa dilakukan pada waktu tertentu. Saya melakukannya dengan baik tanpa merasakan ketidaknyamanan dalam latihan,” tegas pelatih yang membawa Seongham Ilhwa Chunma juara Liga Champions Asia 2010 tersebut. Shin Tae-yong diresmikan sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Sabtu, 29 Desember 2019 di Stadion Pakansari, Bogor. Sebelum diresmikan sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah lebih dulu mengunjungi Tanah Air pada awal Desember 2019.

Ia mengunjungi Korean Cultural Center yang berada di Jakarta. Saat itu, juru taktik 51 tahun itu bertujuan belajar budaya Islam di sana. “Pelatih Shin Tae-yong tiba di Indonesia pada 8 Desember 2019. Fokusnya untuk memahami budaya dan karakter islami pemain-pemain Indonesia,’ tulis media Korea Selatan, Yonhap. “Sehari setelahnya, Shin Tae-yong mengunjungi Korean Cultural Center di Indonesia dan mendengar ceramah dari pakar budaya Islam. Pelatih Shin menunjukan minat aktif dengan mengajukan sejumlah pertanyaan,” lanjut Yonhap. “Pelatih Shin bertanya, ‘Apakah pemain Iran berpuasa selama Ramadhan? Benarkah diizinkan jika hanya salat dua kali dari lima waktu’,” tanya Shin Tae-yong. Berselang dua tahun, Shin Tae-yong sudah mengenal betul budaya dan karakter orang Indonesia. Kini, Shin Tae-yong tengah membangun tim kompetitif, tak hanya untuk bersaing di level Asia Tenggara, tapi juga Asia. Banyak event yang dijalani Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur tahun ini. Mulai dari Piala AFF U-23 2022, SEA Games 2021, Kualifikasi Piala Asia 2023, Asian Games 2022, Piala AFF U-19 2022, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dan Piala AFF 2022.okezone

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut