get app
inews
Aa Read Next : Tiga Orang Jemaah Calon Haji Meninggal Dunia di Arab Saudi

Jejak Mirip Kaki Gajah, Diyakini Kerabat Dinosaurus Berumur 200 Tahun

Senin, 03 Januari 2022 | 18:45 WIB
header img
Para ilmuwan meyakini penemuan jejak binatang purba di South Wales, Inggris, berusia 200 juta tahun. (Foto: Sky News)

JAKARTA, iNews.id - Para ahli meneliti secara intensif terhadap jejak dinosaurus di wilayah South Wales, Inggris. Hasilnya, para ilmuwan meyakini usia jejak binatang purba tersebut mencapai juta 200 tahun.  Ahli paleontologi Museum Sejarah Alam percaya jejak kaki yang ditinggalkan Sauropoda yang sangat awal atau Prosauropoda yang berasal dari periode Trias.

Dilansir dari laman Sky News, Minggu (2/1/2022), jejak dinosaurus itu ditemukan di sebuah pantai di Penarth, Vale of Glamorgan, pada 2020 oleh paleontolog amatir Kerry Rees. Dia melaporkan temuan itu ke Natural History Museum.  Awalnya museum skeptis terhadap laporan itu. Dr Susannah Maidment dan Profesor Paul Barrett kemudian melakukan penyelidikan dan percaya jejak kaki itu berasal dari kerabat awal dinosaurus. 

 "Kami mendapat banyak laporan dari masyarakat tentang hal yang dinilai adalah jejak masa silam, tetapi banyak di antaranya hanya profil biologi yang dengan mudah hanya kelihata seperti jejak kaki," kata sang profesor.  Namun dari foto yang dikirimkan oleh penemunya, dia memutuskan untuk memeriksanya karena tampak cukup meyakinkan. Benar saja bahwa itu merupakan jejak dinosaurus. Bekas jari kaki memang tidak terlihat jelas dalam foto yang biasanya merupakan tanda jejak kaki hewan.  Ahli paleontologi sekarang percaya jejak tersebut adalah contoh Eosauropus, yang merupakan jenis jejak yang diperkirakan dibuat oleh Sauropoda atau kerabat dekat Sauropoda, kelompok dinosaurus yang kemudian termasuk Diplodocus yang terkenal.  "Kami tahu sauropoda awal hidup di Inggris pada saat itu, karena tulang camelotia, sauropoda yang sangat awal, telah ditemukan di Somerset bebatuan yang berasal dari periode yang sama," ujar Dr Maidment.  Kendati demikian, dia belum tahu apakah spesies ini adalah pembuat jejak, tetapi itu adalah petunjuk lain yang menunjukkan sesuatu asal dari pembuat jejak ini.  Jejak dinosaurus dapat digunakan untuk mengungkap banyak informasi perilaku tentang seekor hewan, serta memberikan data tentang bagaimana mereka berjalan dan gerakan mereka dalam kawanan
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut