get app
inews
Aa Read Next : Deretan Artis yang Pilih Menikah dengan Orang Biasa, Wow, Ada yang Terpaut Usia 16 Tahun

Artis Lawas Indonesia Ternyata Agen Intelijen, Sudah Tahu Apa Belum?

Kamis, 16 Februari 2023 | 21:40 WIB
header img
Artis Lawas Indonesia Ternyata Agen Intelijen, Sudah Tahu, Apa Belum? Foto:IST

JAKARTA,iNewsMadiun.id - Gemerlap popularitas selebriti tampaknya bisa menjadi tabir yang aman untuk menyembunyikan identitas sebenarnya. Artis lawas ini punyak profesi ganda.

Siapa dia?  Dia adalah Sofia Waldy atau lebih dikenal dengan Sofia WD. Artis lawas yang juga agen intelijen. Wanita cantik ini mengemban sejumlah tugas pengawasan demi keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Meskipun demikian, publik awalnya hanya tahu bahwa dia adalah artis yang sangat berbakat.  

Profil dan kisah hidup Sofia WD yang diperoleh dari berbagai sumber, Kamis (16/2/2023)  menyebutkan bahwa seniman Indonesia yang tenar pada zamannya ternyata adalah agen intelijen.

Sofia WD adalah aktris Indonesia kelahiran Bandung, Jawa Barat, 12 Oktober 1924. Ayahnya bernama Apandi, sedangkan ibunya bernama Sumirah. Lahir dari keluarga pedagang, Sofia adalah anak kedua dari empat bersaudara.

Saat berusia 14 tahun, Sofia menikah dengan Eddy Endang yang merupakan kapten dari unit Siliwangi. Sofia dan Eddy Endang kemudian bergabung sebagai anggota Persiapan Lapangan( FP) yang didirikan oleh Kolonel TNI Zulkifli Lubis pada tahun 1946. Ia dan suaminya diangkat sebagai perwira intelijen yang memiliki fungsi pengawasan untuk kepentingan Republik Indonesia.

Pasangan suami istri ini menempati posisi di bagian dakwah kesenian.  Sofia WD sendiri pernah berpangkat sersan mayor dan ikut bergerilya di kawasan Limbangan di kaki Gunung Haruman, Jawa Barat. Tapi sebelum itu, Sofia WD adalah seorang aktris. Dilansir dari laman Pusat Film Indonesia, Sofia WD mengawali kariernya di dunia entertainment dengan bergabung di grup teater Irama Massa.  

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut