get app
inews
Aa Read Next : Anak Buah Ferdy Sambo Lolos dari Pemecatan Anggota Polri, Ini Penyebabnya

Ahli Psikologi Forensik: Kecerdasan Ferdy Sambo di Atas Rata-rata tapi Kurang Percaya Diri

Rabu, 21 Desember 2022 | 13:58 WIB
header img
Ferdy Sambo saat rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J. Dia ternyata memiliki kecerdasan di atas rata-rata. (YouTube/Polri TV)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Kepribadian terdakwa pembunuhan berencana Brigadir J, Ferdy Sambo diungkap dalam persidangan di PN Jaksel, Rabu (21/12/2022). Ahli Psikologi Forensik (Apsifor), Reni Kusumowardhani mengungkap karakteristik kepribadian pecatan jenderal bintang dua tersebut. Sambo sosok yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata tapi kurang percaya diri.

Ahli Psikoligi Forensik, Reni Kusumowardhani bersaksi di sidang pembunuhan Brigadir J hari ini, Rabu (21/12/2022). (Foto: MPI/Ari Sandita Murti)
 

"Bapak Ferdy Sambo memiliki kecerdasan di atas rata-rata, kemampuan abstraksi, dan kreativitasnya sangat baik. Secara umum cara berpikirnya lebih ke arah praktis dibanding teoritis," ujar Reni di persidangan, Rabu (21/12/2022).

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan psikologi forensik, secara umum Ferdy Sambo memiliki pola kerja tekun, motivasi tinggi untuk mencapai target melebihi dari target yang diberikan kepadanya. Sedangkan tipe kepribadian Ferdy Sambo, kurang percaya diri dan membutuhkan orang lain saat membuat keputusan. "Tipe kepribadiannya, pada dasarnya Bapak Ferdy Sambo ini merupakan individu yang kurang percaya diri dan membutuhkan orang lain dalam bertindak serta mengambil keputusan, terutama hal-hal yang besar," tuturnya.

Dia menerangkan, ada pengalaman kecil yang membuat Sambo merasa nyaman apabila dia melihat orang-orang yang melindungi di sekitarnya. Dalam situasi kondisi normal, Sambo akan terlihat dan sebagai figur yang baik dalam kehidupan sosialnya dan patuh terhadap aturan norma, bahkan dapat menutupi kekurangannya dari masalahnya.

Untuk diketahui, PN Jakarta Selatan menggelar sidang dugaan kasus pembunuhan Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo Cs, Rabu (21/12/2022) hari ini. Setidaknya ada tiga saksi ahli dihadirkan pada sidang kali ini oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). "Kami hadirkan tiga ahli hari ini, dua ahli hadir di persidangan dan satu ahli hadir secara zoom di Pengadilan Negeri Jambi," ujar Jaksa di persidangan, Rabu.

Menurut Jaksa, ada tiga saksi ahli yang diperiksa kali ini, dua ahli hukum pidana dan satu ahli psikologi forensik.  Adapun mereka yakni Ahli Hukum Pidana dari Universitas Trisaksi Effendi Saragih, Ahli Hukum Pidana dari Universitas Sumatera Utara Alfi Sahari, dan Ahli Psikoligi Forensik Reni Kusumowardhani yang juga merupakan Ketua Asosiasi Psikologi Forensik Indonesia (Apsifor). Berdasarkan pantauan, sidang tersebut digelar pada sekira pukul 10.15 WIB, yang mana kelima terdakwa telah hadir di PN Jakarta Selatan sejak pukul 09.00 WIB. 

"Jadi bukan berarti yang bersangkutan tidak bisa melanggar norma dan menggunakan kecerdasannya untuk melindungi diri di dalam situasi-situasi terdesak," tuturnya. Dia membeberkan, sebagai orang Sulawesi Selatan yang hidup dalam budaya yang teguh, memegang budaya Siri Na Pacce (menjaga harga diri serta kokoh dalam pendirian), memiliki pengaruh tentang pertimbangan-pertimbangan keputusan dan emosi serta kepribadian Ferdy Sambo. 

Ferdy Sambo mudah merasa terganggu manakala kehormatannya terusik. "Jadi, ada mudah self esteemnya, harga dirinya terganggu apabila dia kehormatannya itu terganggu seperti itu. Kemudian dapat menjadi orang yang dikuasai emosi, tidak terkontrol, tidak berpikir panjang terhadap tindakan yang dilakukan," katanya.

Jaksa kemudian bertanya soal pengalaman Sambo di dunia hukum, kenapa masih mudah tersulut emosi. Padahal, dia sehari-harinya berhubungan, dalam tanda kutip dengan penjahat.  Reni memaparkan, Ferdy Sambo dalam kondisi normal ada upaya rasional untuk mengendalikan diri. "Tetapi dalam situasi memang ada hal yang menggangu kondisi emosinya dan self esteemnya itu yang kemudian bisa menjadi orang yang sangat dikuasi emosinya," ujarnya.

"Ada kebutuhan tinggi dukungan dari orang lain terutama ambil keputusan besar? Apakah ini juga bisa internal dalam dirinya bisa terefleksikan dari bekerja sama dari orang yang dia percayai?" tanya Jaksa. "Betul pak. Bisa seperti itu," papar Reni. "Artinya dia butuh masukan orang-orang sekitar untuk ambil keputusan besar?" tanya Jaksa lagi. "Iya bisa seperti itu," kata Reni lagi.

Sumber https://www.inews.id/news/nasional/ahli-psikologi-forensik-sebut-ferdy-sambo-cerdas-tapi-kurang-percaya-diri?utm_source=inews-network_widget&utm_medium=internal_networks.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut