get app
inews
Aa Read Next : Viral, Masjid Berkubah Kuning Kokoh Disapu Lahar Panas Semeru

Jepang Antisipasi Kemungkinan Tsunami Akibat Letusan Gunung Semeru di Lumajang, Lho Kenapa?

Minggu, 04 Desember 2022 | 16:37 WIB
header img
Evakuasi warga terdampak erupsi Gunung Semeru. (Foto: Relawan SAR Gunung Semeru)

TOKYO, iNewsMadiun.id - Badan Meteorologi Jepang memantau kemungkinan tsunami setelah Gunung Semeru di Jawa Timur, Indonesia erupsi pada Minggu, (4/12/2022). Demikian laporan  lembaga penyiaran publik NHK.

Tsunami dari letusan tersebut, yang terjadi sekira pukul 11:18 waktu Jepang , dapat mencapai Prefektur Okinawa paling cepat sekira pukul 14.30 waktu setempat, demikian  NHK mengutip pernyataan badan tersebut, sebagaimana dilansir Reuters

Menurut laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM Gunung Semeru erupsi pada 4 Desember 2022, pukul 02.46 WIB. Gunung berapi tersebut memuntahkan kolom abu setinggi ± 1500 m di atas puncak yang mengarah ke tenggara dan selatan.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengevakuasi warga di sekitar Gunung Semeru pasca erupsi. Warga dilaporkan panik karena aktivitas awan panas guguran yang terlihat dengan jelas.

BNPB melaporkan Gunungapi Semeru terus menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik yang ditunjukkan dengan luncuran Awan Panas Guguran (APG) dan indikator yang lain pada haru ini, Minggu (4/12/2022).

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, sumber APG berasal dari tumpukan material di ujung lidah lava, yang berada sekitar 800 meter dari puncak (Kawah Jonggring Seloko). Awan Panas Guguran tersebut berlangsung menerus dan hingga pukul 06.00 WIB jarak luncur telah mencapai 7 km dari puncak ke arah Besuk Kobokan.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut