Logo Network
Network

Pengertian, Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Berbagai Sektor

Chalimatu Sadiyah
.
Senin, 26 September 2022 | 18:55 WIB
Pengertian, Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Berbagai Sektor
ilustrasi dampak globalisasi dan negatifnya (Freepik)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Globalisasi sudah terjadi pada setiap aspek kehidupan. Dampak positif dan negatif globalisasi terjadi di Indonesia. Kehadiran informasi dan teknologi komunikasi dapat mempercepat akselerasi proses globalisasi.

Seluruh aspek penting pada kehidupan yang menciptakan berbagai macam tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab, dipecahkan dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan.

Pengertian Globalisasi dan Dampaknya

Globalisasi adalah fenomena tertentu dari peradaban manusia yang terus berkembang dalam warga global dan merupakan bagian sumber proses insan dunia. Oleh karena itu, globalisasi dapat didefinisikan sebagai proses pertumbuhan dan perkembangan kegiatan ekonomi lintas batas nasional dan regional.

Dikutip dari buku ‘Modul Ilmu Pengetahuan Sosial’ terbitan ahlimedia press. Dampak positif maupun negatif globalisasi, berikut penjelasannya:

Dampak Positif Globalisasi

1. Berkembangnya IPTEK

Globalisasi membawa masyarakat dalam menyesuaikan terhadap perubahan sosial budaya. Hal ini berpengaruh kepada minat masyarakat terhadap ilmu pengetahuan yang semakin besar. Ilmu pengetahuan sendiri membawa keuntungan seperti adanya kemudahan dan hasil produksi yang lebih banyak

2. Meningkatnya efektivitas dan efisiensi

Efektivitas merupakan dampak positif globalisasi berupa pengukuran keberhasilan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Sedangkan efisiensi merupakan tepat, cermat dan bergaya dalam melakukan sesuatu. Globalisasi membuat banyak pekerjaan manusia menjadi lebih efektif dan efisien dalam berbagai sektor.

3. Perekonomian negara semakin meningkat

Adanya globalisasi di suatu negara dapat meningkatkan perekonomian dari negara tersebut. Hal ini terjadi karena banyaknya modal  yang masuk ke dalam suatu negara dengan tujuan berinvestasi dalam bidang pertanian, perdagangan, pertambangan dan industri

Follow Berita iNews Madiun di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.