get app
inews
Aa
Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Bahlil Sebut Rakyat Harus Siap Jika BBM Naik dalam Waktu Dekat, Ini Tanggapan Sri Mulyani

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 20:28 WIB
header img
Menkeu Sri Mulyani (foto istimewa)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, memberi tanggapan soal kemungkinan harga BBM naik dalam waktu dekat. Hal itu, disampaikan Sri Mulyani menganggapi pernyataan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia

 

Menurut dia, Kementerian Keuangan terus memperhatikan beberapa hal dalam menentukan anggaran subsidi energi. Selama ini subsidi menjadi penopang utama untuk menjaga harga bahan bakar minyak (BBM).

BACA JUGA:
Bahlil: Rakyat Harus Siap Jika BBM Naik Dalam Waktu Dekat

Menkeu menyebut ada beberapa indikator untuk mengukur kapasitas anggaran subsidi energi dalam menjaga kestabilan harga. Namun ia tidak menyinggung terkait potensi kenaikan harga BBM.

 

“APBN subsidi dan lain lain kita sampaikan waktu itu, jadi nanti kita lihat volume, harga, nilai tukar, itu mempengaruhi, tapi kita akan lihat perkembangan yang ada di dunia,” kata Sri Mulyani, kepada wartawan setelah menghadiri acara UMKM Week di Kantor Pusat Bea Cukai, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

BACA JUGA:
Tak Mau APBN Jebol, Sri Mulyani Minta Pertamina Segera Kendalikan Pertalite dan Solar
 

Namun ia mengungkapkan bahwa volume konsumsi BBM sangatlah tinggi bahkan melebihi asumsi pemerintah saat menambah anggaran subsidi energi. Ia menyatakan bahwa pihaknya sudah menggelontorkan anggaran subsidi energi hingga Rp520 triliun pada tahun ini.

“Tapi memang volume sangat melebihi kalau dibiarkan, jadi ini nanti pasti akan menimbulkan suatu persoalan mengenai berapa jumlah subsidi yang harus disediakan dari tambahan,” ungkap Sri Mulyani.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut