get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Keraton Solo Berduka, Kebo Bule Berusia 20 Tahun Mati akibat Terpapar PMK

Jum'at, 22 Juli 2022 | 21:13 WIB
header img
Keraton Solo Berduka, Kebo Bule Berusia 20 Tahun Mati akibat Terpapar PMK ( foto: Antara/Keraton Solo)

SOLO, iNewsMadiun.id – Keraton Kasunanan Surakarta ( Keraton Solo) berduka. Seekor kebo bule berusia 20 tahun mati akibat terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) pada Kamis (21/7/2022).

"Mati satu, kerbau betina. Sebetulnya dua minggu sebelumnya sudah kami antisipasi, sinuhun sudah mengutus saya ke kandang mahesa untuk menanyakan ke Srati (pawang kerbau),” kata Wakil Pengageng Sasana Wilopo Keraton Solo  KRA Dani Nuradiningrat, Jumat (22/7/2022).

 

“Kami juga sudah koordinasi juga dengan dispertan (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian), dokter meluncur mengecek," katanya.

Dia mengatakan dari hasil pemeriksaan tersebut sekitar seminggu sebelumnya tidak ditemukan tanda-tanda kerbau terpapar PMK.

 

"Tapi kemarin kedapatan mati satu, dicek terindikasi PMK yang ada di kandang sebelah barat. Kami ada tiga kandang, barat, timur, dan di Sitinggil," ujarnya.

Selanjutnya, usai dilakukan pemeriksaan kembali diketahui ada tujuh ekor kerbau lain yang juga terpapar PMK. Keraton Surakarta saat ini memiliki 18 ekor kebo bule.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut