get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

5 Kota di Indonesia yang Banyak Digemari Para Wisatawan, Nomor 3 Lagi Hits

Rabu, 20 Juli 2022 | 15:34 WIB
header img
Kota di Indonesia yang Banyak Digemari Para Wisatawan (Foto Ilustrasi : Antara)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Kota Indonesia yang banyak digemari para wisatawan tentu bisa menjadi rekomendasi bagi anda saat liburan. Sejumlah wilayah ini bahkan dinilai memiliki tempat wisata yang populer di kalangan wisatawan.

Data dari BPS per Me 2022 memperlihatkan, jumlah kunjungan wisawatan mancanegara (wisman) ke Indonesia melalui pintu masuk utama mencapai 212.330 ribu kunjungan. Sementara jumlah penumpang angkutan udara domestik pada Mei 2022 naik 40,41 persen.

 

Untuk kedatangan wisman dilihat dari pintu masuk utama menurut kebangsaan yakni, turis dari Australia mendomasi sebanyak 16.200 orang. Kemudian ada negara Singapura sebanyak 11.320 orang. Urutan selanjutnya ada Malaysia dengan 9.540 wisawatan. Disusul wisatawan India sebanyak 8.160 orang. Selanjutnya ada Inggris sebanyak 5.300 orang.

Adapun kota di Indonesia yang banyak digemari para wisatawan berdasarkan tingkat hunian hotel sebagai berikut;

1. Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta menempati urutan pertama dengan jumlah hunian hotel dengan klasifikasi berbintang sebanyak 67.650 hunian. Sementara untuk kamar nonklasifikasi bintang sebanyak 30.170 hunia.

 

Diketahui, jika Yogyakarta merupakan salah satu kota paling menawan di Indonesia di mana wisatawan pergi untuk berendam dalam budaya lokal. Selain mengajikan wisata budaya, Yogyakarta juga menyuguhkan objek wisata pantai. 

Bahkan, banyak wisatawan yang menuju wisata Candi Borobudur dan Prambanan memilih untuk menginap di Yogyakarta.

2. Lampung

5 pantai Lampung yang wajib dikunjungi (Foto:Instagram @telukkiluan_lampungyai)

5 pantai Lampung yang wajib dikunjungi (Foto:Instagram @telukkiluan_lampungyai)

Data terupdate tingkat hunian dari BPS, Lampung menempati posisi kedua. Sebanyak 66.040 orang menempati hotel dengan klasifikasi berbintang. Sementara untuk hotel nonbintang sebanyak 30.070 orang.

Banyak objek wisata baru di wilayah ini. Bahkan tempat-tempat layak diabadikan di media sosial. Salah satunya, tempat wisata Pintu Langit 2. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan keindahan kota, laut, serta perbukitan sekaligus. 
Meski baru dibuka pada 2021 lalu, wisata ini nyatanya selalu ramai didatangi pengunjung. Pintu Langit 2 mengusung tema wisata religi dengan bagian utamanya adalah mushola kaca yang berada di tengah. Kemudian di bagian teras mushola dibuat transparan.

3. Kalimantan Timur

Provinsi ini menjadi wilayah yang sedang jadi sorotan warga. Salah satu wilayahnya ditunjuk sebagai ibu kota baru negera baru (IKN). Jumlah wisatawan di wilayah ini pun terus menonjak dari data hunian hotel BPS. Terpantau sebanyak 62.540 hunia. Jumlah ini meningkat tajam dibanding tahun 2021 yang hannya sebanyak 46.770 hunian.

Adapun kota yang banyak digemari para wisatawan di wilayah ini yakni Pantai Derawan. Pantai ini berada Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau. Pantai Derawan ini merupakan salah satu objek wisata paling indah di Kalimantan Timur.

Pemandangan laut Pantai Derawan sangat luar biasa. Di sini terdapat berbagai jenis flora dan fauna laut yang cukup langka.  Pengunjung bahkan bisa berenang bersama ubur-ubur yang tidak beracun atau kura-kura terbesar di dunia.

Selain itu, pemandangannya juga mirip seperti di Maldives. Maka tak heran jika tempat ini dicalonkan sebagai warisan UNESCO.  Namun, baru-baru Titik Nol IKN Nusantara masuk daftar wilayah yang lumayan banyak dikunjungi.  Kawasan ini masuk areal konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) yang berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Untuk masuk ke kawasan titik nol, pengunjung harus terlebih dahulu melapor ke pos penjagaan. Sebab lokasi ini masih merupakan kawasan konsesi HTI milik Hasyim Djoyohadikusumo, adik Prabowo Subianto.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut