Resmikan Masjid Super Mewah Al Fattah Tulungagung, JK: Islam Itu Netral Tidak Radikal

Ihya Ulumuddin
Ketua Umum DMI Juyuf Kalla bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Haidar Nastsir, Selasa (29/3/2022). (Foto: istimewa).

TULUNGAGUNG, iNewsMadiun.id - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla meresmikan Masjid Al Fattah di Desa Kepatihan, Kabupaten Tulungagung, Selasa (29/3/2022). Peresmian masjid dengan lebar 3.050 meter itu ditandai dengan penunjukan prasasti dan pengguntingan pita oleh Khofifah Indar Parawansa dari Jawa Timur dan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir.

Ketua DMI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, desain dan konsep masjid Al Fattah sangat bagus dan indah. Bahkan terindah di Indonesia. JK berharap kehadiran masjid bisa membawa kedamaian dan kerukunan umat beragama.  Menurutnya, masjid ini tidak hanya sekadar menampilkan sisi indahnya bangunan, tapi juga menekankan pentingnya mencerminkan Islam yang toleran bagi sesama. "Jemaah yang datang bisa beribadah dengan tenang dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk ibadah dan kegiatan sosial. Islam itu netral dan tidak ada yang radikal," katanya. 

Sementara itu, secara khusus Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi peresmian Masjid Al Fattah yang dilakukan menjelang bulan suci Ramadan. Menurutnya peresmian ini bisa menjadi momentum perekat kehidupan umat dan menguatkan kesalehan sosial.  "Menjelang Bulan Ramadan, peresmian masjid Al Fattah mudah-mudahan menjadi bagian perekat kehidupan umat dan menguatkan kesalehan sosial di antara kita semua," katanya. 

Khofifah juga mengaku kagum akan bentuk masjid Al Fattah yang modern dan unik. Menurutnya  ini menjadi kekuatan Masjid Al Fattah yang tak hanya menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah melainkan berpotensi juga menjadi jujukan jamaah sebagai destinasi wisata masjid. Selain desain yang apik dan unik.  Di masjid yang sudah ada sejak 1952 itu juga dilengkapi kain kiswah yang panjangnya 6,6 x 3,5 meter dengan berat total sekitar 100 kilogram (kg). Dari berat tersebut di antaranya 40 kg terdapat benang emas. "Masjid di Indonesia yang memiliki kain kiswah sangat langka. Sehingga kain kiswah bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi jamaah untuk menjalankan ibadah di Masjid Al Fattah," tuturnya.  Khofifah mengtakan, di Jatim terdapat kurang lebih 42.667 masjid. Dia mendorong terus agar beragam kegiatan yang membawa kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat bisa dilaksanakan di masjid, sehingga masjid bisa menjadi pusat beribadah, pusat pendidikan, pusat ekonomi serta pusat dakwah.  "Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kami menyampaikan terima kasih yang tak terhingga, atas kehadiran Bapak Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia HM Jusuf Kalla meresmikan masjid Al Fattah  di Tulungagung ini," katanya.iNews Madiun 
 

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network