60 Motor Gede Royal Enfield Dilelang Ulang, Harganya Mulai Rp23 Jutaan

Edi Purwanto
Spesifikasi Royal Enfield yang dilelang mulai Rp23 jutaan (Foto: IG Bea Cukai Priok))

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Bagi penggemar moge klasik ini sebuah kesempatan. Sebanyak 60 moge Royal Enfield bakal dilelang mulai harga Rp23 juta pada 28 Juli 2023 nanti. Jenis Royal Enfield yang dilelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian keuangan mencakup Classic 500 cc dan Classic 350 cc. Direktur Lelang DJKN Kemenkeu, Joko Prihanto mengatakan pihaknya saat ini tengah mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses lelang, terutama infrastruktur informasi teknologi (IT).

“Kemarin kan ada problem, jadi Royal Enfield nanti akan kami lelang ulang, insya Allah tanggal 28 (Juli),” kata Joko saat ditemui usai acara puncak 115 Tahun Lelang Indonesia dilansir Okezone, Selasa (18/7/2023).

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban menambahkan peminat lelang Royald Enfield cukup besar. Hal itu tercermin pada jumlah pengakses platform Portal Lelang Indonesia mencapai 61 ribu dengan penawaran mencapai 3 ribu pada saat yang bersamaan. Kondisi tersebut yang kemudian memicu kendala teknis saat pelaksanaan lelang pada Senin (12/6/2023).Oleh karena itu, DJKN berusaha mempersiapkan seluruh instrumen pendukung agar proses lelang nanti dapat berjalan dengan baik.

Pada lelang pertama, situs KPU BC Tipe A Tanjung Priok awalnya merilis tata cara mengikuti lelang sebagai berikut.  

Barang Tidak Dikuasai yang akan dilelang secara Open Bidding ini akan dilakukan open house pada :⁣⁣⁣
Hari/Tanggal : Rabu, Kamis, dan Jumat / 7, 8 dan 9 Juni 2023
Pukul : 09.00 s.d 15.00 WIB
Tempat : Tempat Penimbunan Pabean (TPP) PT. Layanan Lancar Lintas Logistindo, Jl. Bandung/Cirebon/Ujung Pandang Blok II B2, KBN Marunda, Cilincing, Jakarta Utara ⁣

Pelaksanaan Lelang secara Open Bidding akan dimulai pada :⁣
Hari / Tanggal : Senin / 12 Juni 2023
Waktu : (Waktu server E-Auction⁣)
- 09.30 - 10.30 WIB (PENG-04/KPU.1064/PL/2023)
- 09.45 - 10.45 WIB (PENG-03/KPU.1064/PL/2023)
Alamat Domain : https://www.lelang.go.id⁣
Tempat Lelang : @kpknl_jakarta2, Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No.10, RT.1/RW.10, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta

Syarat, Ketentuan, dan Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
- Live chat #beacukaipriok : linktr.ee/beacukaipriok⁣⁣
- KPKNL Jakarta II : @kpknl_jakarta2⁣⁣⁣ (instagram)
- website : lelang.go.id⁣

Dilansir Okezone, moge-moge tersebut memiliki spesifikasi sebagai berikut.

Sesuai namanya, Royal Enfield Classic 500 cc memiliki desain model klasik ala motor perang. Motor satu ini dibekali dengan mesin Spark Ignition satu silinder berkapasitas bersih 499 cc. Dengan mesin tersebut, motor mengeluarkan suara yang sangat besar,  dan torsi besar, 41.3Nm. Mesin ini menghasilkan 4.000 rpm yang memungkinkan motor melibas tanjakan dengan mudah.

Pada bagian kaki-kaki, roda depan menggunakan ban 19 inci, pelek jar-jari dengan sistem pengereman cakram, dan bagian belakang ukuran ban 19 inci dengan rem tromol. Roda belakangnya juga sudah menggunakan rem cakram. Untuk bagian lampu menggunakan model kuno membulat, mulai dari lampu depan, sein hingga lampu belakang. Untuk kenyamanan pengemudi ditopang sadel dengan pegas khas motor zaman dulu. Knalpotnya sendiri menjulang hingga ke belakang.

2. Royal Enfield Classic 350 cc

 

Secara desain, motor Royal Enfield Classic 350 cc mirip dengan Royal Enfield Classic 500 cc. Motor Classic ini mempertahankan daya tarik retro secara keseluruhan dengan finishing premium, sasis dan mesin ground-up, serta pengendaraan yang superior.

Dengan mesin 349cc, injeksi bahan bakar, berpendingin udara/minyak, motor ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 20,2 bhp pada 6100 rpm dan torsi 27Nm pada 4000rpm. Suara motor ini juga tak kalah gahar dari versi 500 cc.

Sebagai pengendali tenaga dari motor ini, terdapat rem cakram pada bagian depan, sementara bagian belakang menggunakan tromol. Motor ini memiliki fitur standar seperti ABS, serta Rear Wheel Lift-off Protection (RPL) sebagai teknologi perlindungan lain.

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network