JAKARTA, iNewsMadiun.id - Media sosial bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Karena itu, Anda bisa memaksimalkan media sosial untuk bisnis supaya sukses.
Selain produk makin dikenal, ada banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapat dengan memaksimalkan media sosial untuk bisnis.
Misalnya, memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan, membantu melibatkan dan menjangkau audiens baru, membangun otoritas, mendorong pelanggan melihat situs web Anda hingga meningkatkan penjualan.
Singkatnya, menciptakan strategi media sosial yang praktis dapat mendorong pertumbuhan bisnis kecil Anda dengan membina hubungan yang langgeng dan loyal dengan pelanggan.
Untuk memastikan kehadiran produk Anda di media sosial dikelola dengan kualitas dan konsisten, gunakan panduan gaya media sosial untuk melacak banyak elemen yang berbeda.
Nah, berikut ini 10 tips dan trik memaksimalkan media sosial untuk bisnis, dikutip dari Digital Marketing Institute:
1. Pilih Media Sosial yang Tepat
Ada beberapa media sosial yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan bisnis. Beberapa media sosial tersebut, di antaranya Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, Twitter.
Mayoritas pakar menyarankan untuk memilih media sosial yang paling populer, serta yang tepat tergantung pada audiens dan tujuan Anda.
2. Tetapkan Tujuan
Aktif di media sosial memiliki sejumlah manfaat untuk bisnis Anda, dan ada banyak hal yang dapat Anda capai dengan kehadiran media sosial.
Ini termasuk melakukan layanan pelanggan, melibatkan pelanggan, meningkatkan prospek, memperluas audiens Anda, mendorong penjualan, meningkatkan trafik web, mendapatkan wawasan seerta umpan balik yang berharga, dan banyak lagi.
Namun Anda harus memiliki tujuan untuk dicapai dan harus membuat strategi untuk mencapainya.
Teknik Anda untuk mendorong penjualan, misalnya, akan berbeda dari pendekatan Anda untuk meningkatkan penawaran layanan pelanggan Anda. Jadi, penting untuk mengetahui tujuan yang ingin Anda capai.
3. Susun Strategi
Setelah Anda tahu tujuan yang ingin dicapai, Anda harus membuat rencana untuk mencapainya.
Mulailah dengan menunjuk orang yang akan menjadi bagian dari tim media sosial, dan pisahkan peran dan tanggung jawab mereka.
Anda juga harus memutuskan frekuensi postingan Anda, dan membuat kalender konten yang akan membantu merencanakan postingan dan kapan di-posting.
Penjadwalan ini adalah bagian besar dari strategi Anda. Tentukan audiens Anda, konten seperti apa yang harus dibuat, kapan dan di mana konten akan dipublikasikan.
4. Buat Rencana Pembuatan Konten
Mengetahui audiens Anda sangat penting dalam hal menemukan kesuksesan dengan melibatkan media sosial.
Ini karena minat dan kebutuhan audiens Anda akan menentukan jenis konten yang harus Anda bagikan dan cara Anda melibatkan pengikut Anda.
Beberapa hal penting yang harus Anda ketahui tentang audiens Anda termasuk usia, lokasi, jenis kelamin, tujuan, kesukaan, kebutuhan, perilaku, tantangan, dan kesulitan.
Tidak peduli siapa audiens Anda, konten yang Anda bagikan harus selalu berkualitas tinggi dan relevan.
Anda harus menyelidiki jenis konten populer dan memprioritaskan video, gambar, dan jenis konten visual lainnya sesering mungkin karena ini disukai oleh semua demografi dan pemirsa.
5. Pilih Alat untuk Menjadwalkan dan Mengotomatiskan Postingan
Tetap aktif dan eksis di media sosial membutuhkan waktu dan dedikasi. Tetapi ada banyak alat otomatisasi yang tersedia bagi pembuat konten untuk secara otomatis menerbitkan dan menjadwalkan postingan hingga satu bulan sebelumnya.
Alat-alat ini, yang meliputi Hootsuite, Sprout Social, Buffer, MeetEdgar, dan BuzzSumo, dapat menghemat waktu Anda dengan memungkinkan Anda merencanakan dan menjadwalkan sejumlah postingan sekaligus.
Selain itu, juga memudahkan memantau jaringan Anda dan menanggapi pesan dengan cepat.
6. Libatkan Audiens secara Aktif dengan Cara Relevan
Meskipun konten sangat penting di media sosial, tidak cukup hanya mem-posting konten, Anda harus membuat konten yang menarik dan menghibur untuk terhubung dan mendorong keterlibatan mereka.
Dengan begitu Anda dapat membina hubungan yang ingin Anda bangun dan mendapatkan kepercayaan dari audiens Anda.
Ada banyak cara Anda dapat terlibat dengan audiesn Anda, seperti mengomentari postingan, berpartisipasi dalam obrolan, bagikan informasi yang relevan, tanya dan jawab pertanyaan, posting jajak pendapat dan tidak lanjuti hasilnya, mengatasi keluhan dan kritik, tunjukkan apresiasi kepada pelanggan.
7. Minimalkan Waktu untuk Promosi
Meskipun praktik penjualan di media sosial untuk meningkatkan penjualan menjadi semakin populer di kalangan sales dan pemasar, proses penggunaan media sosial untuk mendorong pertumbuhan berbeda dari yang biasa dilakukan kebanyakan orang.
Daripada menggunakan media sosial sebagai platform promosi aktif, yang terbaik adalah menggunakannya sebagai alat untuk komunikasi dan keterikatan.
Bahkan, disarankan agar bisnis mengikuti aturan 80/20 (20 persen aktivitas Anda akan menghasilkan 80 persen dari keuntungan) dan menjaga konten promosi mereka hingga 20 persen.
Bagian terbesar dari konten harus didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan audiens Anda.
8. Pertahankan Kehadiran Merek yang Konstan
Dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk menumbuhkan kehadiran merek yang konstan di media sosial.
Sangat penting bahwa setiap postingan sejalan dengan merek dan citra Anda. Ini bisa menjadi sulit jika Anda memiliki banyak orang yang ditugaskan mengelola media sosial karena setiap orang akan membawa kepribadian mereka sendiri ke dalam postingan mereka.
Untuk alasan ini, yang terbaik adalah membatasi jumlah orang yang bertanggung jawab untuk mem-posting.
Selain itu, pastikan semua orang tahu citra yang ingin Anda tampilkan.
9. Perhatikan Metrik yang Tepat untuk Memantau Kemajuan
Penggunaan media sosial terus meningkat, dan setiap bulan ada lebih banyak pengguna aktif daripada sebelumnya, terutama di media sosial populer.
Tidak perlu hadir di setiap platform media sosial. Ini adalah strategi yang jauh lebih baik untuk menentukan tujuan Anda, menemukan audiens Anda, dan memilih jaringan yang tepat untuk Anda berdasarkan faktor-faktor tersebut.
Kemampuan merek dan sasaran media sosial Anda akan menentukan metrik yang penting dan penting untuk mengukurnya untuk memastikan Anda berada di jalur yang tepat.
Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan trafik situs, maka perhatikan jumlah trafik rujukan yang berasal dari media sosial.
Ada banyak sumber daya yang dapat Anda andalkan untuk metrik, termasuk Google Analytics, Facebook Analytics, Twitter Analytics, dan laporan keywords, Buffer, dan BuzzSumo.
10. Ikuti Kursus Media Sosial dan Pemasaran
Kunci untuk menguasai media sosial adalah memahami cara menemukan dan melibatkan audiens Anda dan cara kerja setiap platform.
Cara terbaik melakukannya dengan meluangkan waktu untuk mendaftar di kursus media sosial dan pemasaran yang akan mengajarkan Anda semua yang perlu diketahui demi mendorong kesuksesan bisnis.
Dengan kursus pemasaran media sosial online bersertifikat, Anda akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang platform sosial yang penting termasuk Facebook, YouTube, TikTok, dan lainnya bersama dengan penelitian sosial, strategi sosial, dan pengembangan konten.
Itu, dia 10 tips dan trik memaksimalkan media sosial untuk bisnis Anda supaya sukses. Silakan dicoba, semoga berhasil!
iNewsMadiun
Editor : Arif Handono
Artikel Terkait