get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

5 Merek Mobil Mewah Dunia Dicaplok Konglomerat Asia, 3 Kendaraan Eropa Ini Dikuasai China

Kamis, 12 Mei 2022 | 16:24 WIB
header img
Sejumlah merek mobil mewah Eropa kini dimiliki konglomerat Asia, antara lain Volvo, Lotus, MG, Jaguar Land Rover, Fisker. (Foto: Reuters/Ist)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Industri otomotif di Asia tumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Terbukti dari banyaknya merek mobil mewah yang dicaplok konglomerat di Asia. Tak tanggung-tanggung, sejumlah merek mobil mewah Eropa kini dimiliki konglomerat Asia.

Berbagai teknologi canggih diadopsi untuk membangun kembali citra merek.  Merek apa sajakah itu? Berikut merek mobil mewah yang dicaplok oleh konglomerat Asia, dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Rabu (11/5/2022).

1. Volvo

Volvo merupakan merek mobil mewah asal Swedia. Merek ini diakuisisi raksasa China Zhejiang Geely Holding Group. Geely menjadi pemegang saham individual terbesar. Meskipun kini sudah dimiliki perusahaan Asia, Volvo tetap mempertahankan identitas aslinya. Volvo bahkan berhasil memecahkan rekor penjualan 700.000 unit pada 2019.

2. Lotus

Sama seperti Volvo, perusahaan otomotif asal Inggris, Lotus juga telah dibeli Zhejiang Geely Holding Group. Adapun jumlah saham Lotus yang dimiliki Geely sebesar 51 persen. Geely mengatakan ingin membuat Lotus sebagai perusahaan Global. Mereka juga berkomitmen merevitalisasi Lotus yang akan mencakup investasi baru dan jajaran mobil yang banyak.

3. Morris Garage (MG)

Merek mobil mewah asal Inggris, MG diakuisisi perusahaan asal China Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC). Ini menjadikan MG satu grup dengan Wuling. Di bawah naungan SAIC, MG kini memiliki pabrik di Lingang, Shanghai dan Zhengzhou. Selain itu, ada juga pabrik di Laem Chabang, Thailand, dan di Halol, Gujarat, India.

4. Jaguar Land Rover (JLR) 

Merek mobil legendaris Inggris, Jaguar Land Rover (JLR) dibeli perusahaan mobil asal India, Tata Motors. Jaguar Land Rover menjadi divisi Tata Motors sejak 2008. Dalam sebuah kesempatan, Tata Motors menyebut Jaguar Land Rover adalah pilar utama perusahaan. Itu sebabnya meskipun sempat terpuruk, Tata Motors enggan menjual Jaguar Land Rover.

5. Fisker

Merek mobil asal California, Amerika Serikat (AS), Fisker juga telah dibeli konglomerat asal Hong Kong, Richard Li melalui Pacific Century Group. Fisker merupakan merek mobil listrik mewah favorit artis Hollywood. Kini, mobil yang semula menjadi kebanggaan warga AS tersebut berubah status menjadi merek Asia.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut