get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Jadwal Imsakiyah Madiun dan Sekitarnya, Minggu (10/4), Imsak Pukul 04.10, Maghrib Pukul 17.37 WIB

Minggu, 10 April 2022 | 02:00 WIB
header img
Ilustrasi shalat tarawih (Foto: Antara).

JADWAL Imsakiyah Madiun dan sekitarnya, buka puasawaktu shalat Ramadhan Minggu 10 April 2022, sebagai pedoman agar bisa beribadah tepat waktu. Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang sudah ditentukan waktunya sesuai syariat terutama dalam hal niat. Hal ini berbeda dengan puasa sunnah yang boleh membaca niat pada pagi hari jika terlupa. 

Karena itu, menjalankan ibadah puasa Ramadhan harus mengetahui kapan waktu berbuka dan batas sahur.  Dari data Bimas Islam Kemenag Kanwil Jawa TImur, jadwal imsak Minggu 10 April 2022 pukul 04.10 WIB. Sedangkan jadwal buka puasa hari ini pukul 17.37 WIB. 

Berikut jadwal imsakiyah buka puasa, waktu shalat Ramadhan Minggu 10 April 2022:  

1. Imsak Pukul 04.10

2. Subuh pukul 04.20

3. Zuhur pukul 11.37

4. Ashar pukul 14.56

5. Magrib pukul 17.37

6. Isya pukul 18.46

Doa Niat Puasa Ramadhan

Niat Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun dalam puasa menurut ulama Asy-Syafi'iyah. Sedangkan para ulama Hanafiyah, Malikiyah dan Hanabilah meletakkan niat sebagai syarat puasa. 

Niat tempatnya di dalam hati bukan pada lidah. Seorang yang melafazkan niat di lidahnya belum tentu berniat di dalam hatinya. Seorang yang meniatkan di dalam hati tanpa melafadzkannya di lidah, sudah pasti berniat.

Berikut lafaz niat Puasa Ramadhan:

Niat puasa Ramadhan yakni:  نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانِ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ  Nawaitu shouma ghodin 'an adaain fardhi syahri romadhoona haadzihissanati lillahi ta'aala “Saya niat mengerjakan ibadah puasa untuk menunaikan keajiban bulan Ramadhan pada tahun ini, karena Allah SWT.” 

Sunnah Makan Sahur

Para ulama telah sepakat tentang sunnahnya sahur untuk puasa. Meski demikian, tanpa sahur pun puasa tetap boleh. Disunahkan untuk mengakhirkan makan sahur hingga mendekati waktu shubuh seperti disebutkan dalam hadits berikut: Dari Abu Zar Al-Ghifari ra. dengan riwayat marfu`, ”Umatku masih dalam kebaikan selama mendahulukan buka puasa dan mengakhirkan sahur.(HR Ahmad: 1/547)” iNews Madiun

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut