get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsakiyah 1-30 Ramadhan 1444 Hijriah, Semoga Jadi Panduan Umat Islam di Madiun dan Sekitarnya

Penuh Haru, Tadarus Jadi Kegiatan Rutin di Lapas Perempuan Malang saat Bulan Ramadhan

Kamis, 07 April 2022 | 10:08 WIB
header img
Warga binaan di Lapas Malang tadarus Alquran. (Foto: celebrities.id/Avirista)

MALANG, iNewsMadiun.id - Selama bulan Ramadhan, warga binaan muslim di Lapas Wanita (Lapas) Kelas II A Malang rutin melakukan pengajian. Selain itu, mereka juga akan menerima pembinaan rohani lebih sering dari biasanya.

Kegiatan tadarus Ramadhan sendiri mendapat alokasi waktu selama empat jam per hari. Para warga binaan ini membagi beberapa kelompok dengan memusatkan kegiatan tadarus di Aula Kartini Lapas Perempuan Kelas II A Malang. 

Nuansa Ramadhan jadi semakin kental terasa tatkala lantunan ayat-ayat suci Alquran merdu terdengar saat memasuki ruangan Aula Kartini. Aula yang berlokasi di tengah kompleks lapas ini juga berfungsi sebagai masjid untuk ibadah dan kegiatan keagamaan Islam bagi warga lapas beragama Islam.

Para warga binaan yang telah dibagi kelompok ini duduk melingkar. Masing-masing kelompok biasanya terdiri dari empat sampai lima orang dengan pembagian bacaan Alquran-nya. Sementara, ada satu orang yang memimpin mengaji dengan menggunakan mikrofon dan pengeras suara. 

Terlihat setiap warga binaan perempuan ini begitu khusyu melantunkan ayat-ayat Allah tersebut. Beberapa warga binaan sampai berkaca-kaca tak kuasa menahan haru mengingat kesalahan - kesalahan yang dibuatnya hingga akhirnya masuk ke dalam Lapas Perempuan Kelas II A Malang. 

Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Malang Tri Anna Aryati menuturkan, kegiatan tadarus Alquran ini merupakan kegiatan rutin selama bulan Ramadhan. Kegiatan ini menjadi satu rangkaian dari pondok Ramadhan yang selama ini memang digelar Lapas Perempuan, hanya saja intensitas dan durasi tadarusnya ditambah.

"Kita pusatkan di aula, Alhamdulillah setiap harinya kita bisa khatam sampai 2 - 3 kali, waktunya empat jam setiap harinya," ucap Tri Anna ditemui celebrities.id di Lapas Perempuan, pada Rabu (6/4/2022). 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut