get app
inews
Aa Read Next : Mengapa Jenderal Soeharto Tidak Menjadi Target Pembunuhan G30S/PKI ?

Cedera Parah di Kaki Tak Surutkan Semangat Srikandi Kopassus Ini Taklukkan Musuh, Bigini Kisahnya

Sabtu, 26 Maret 2022 | 14:35 WIB
header img
Srikandi Kopassus Serda Dwi Oktaviani (kiri) saat bertanding di laga final Kejuaraan Yongmoodo KSAD Cup pada 2017 lalu. Okta meraih medali emas dan mengantar Kopassus sebagai juara umum lomba tahunan tersebut. Foto/Pen Kopassus

“Tidak ada rasa sakit terbayang di wajahnya. Menit demi menit berlalu sampai akhirnya wasit memberikan tanda pertandingan berakhir dengan Okta sebagai juara untuk kelas 55 kg putri,” ucap Kopassus.

Werfing Kopassus

Kebanyakan orang menganggap Kopassus hanya dihuni prajurit-prajurit tangguh pria. Faktanya, di pasukan elite TNI AD ini juga memiliki sejumlah personel perempuan. Hampir sama dengan pria, para srikandi Kowad itu harus menjalani pendidikan khusus sebelum menyandang status prajurit Kopassus.

Bedanya, Kowad yang menjadi anggota Kopassus mesti melalui Uji Terampil Perseorangan (UTP), bukan melalui kualifikasi Komando. Untuk proses saat ini dikenal dengan istilah Tradisi Pembaretan. Perjalanan mendapatkan baret ini juga tak mudah.

“Long march dari Pusdiklatpassus di Batujajar ke hutan latihan di Situ Lembang dilakoni untuk melatih fisik, mental, dan kemampuan navigasi darat,” tulis buku Kopassus.

Secara keseluruhan proses pembaretan itu memakan waktu tiga minggu. Dengan latihan keras yang menguras fisik dan mental itu para Kowad akhirnya merasakan betul arti mendapatkan Baret Merah itu.

 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut