get app
inews
Aa Read Next : Inilah 5 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia: Ada di Papua hingga Jawa 

Bingung Mau Investasi Emas atau Properti? Berikut Cara Menentukan Mana yang Lebih Baik

Selasa, 08 Maret 2022 | 14:39 WIB
header img

JAKARTA, iNews.id - Bingung mau mulai ivestasi? pilih Ivestasi ke emas atau properti? simak cara menentukan mana yang lebih baik dari beberapa faktor, mulai dari tujuan, keuangan, dan profil risiko Anda. 

Investasi di properti bisa sangat menguntungkan dan cara yang relatif bisa diandalkan untuk mendapatkan hasil yang signifikan. Di sisi lain, investasi di emas membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan keuntungan optimal. 

Dengan investasi properti, Anda akan mendapatkan penghasilan yang agak stabil, sedangkan dengan investasi emas, uang tersebut ditahan kecuali Anda menjualnya. Meski demikian, emas yang diturunkan dari generasi-ke generasi atau dalam jangka panjang telah mengalami peningkatan nilai yang substansial selama bertahun-tahun. 

Jadi, sebaiknya investasi emas atau properti? Mana yang lebih baik untuk Anda?

Mengutip Benzinga, lokasi Anda merupakan faktor penting, seperti tujuan investasi spesifik Anda. Ada beberapa hal atau faktor yang harus dipertimbangkan untuk berinvestasi di properti atau emas untuk stabilitas masa depan:

Alasan Investasi Emas

Ada beberapa alasan utama mengapa berinvestasi emas, yakni:

Likuiditas tinggi

Emas sangat likuid, itulah sebabnya banyak orang menganggap emas sebagai jenis investasi paling aman. Kapan pun Anda membutuhkan, Anda bisa menjual emas. Anda tidak perlu menandatangani kontrak apa pun, melakukan perbaikan apa pun, atau melakukan apa pun untuk mendapatkan uang Anda.

Mengalahkan inflasi

Saat Anda berinvestasi emas, kemungkinan nilainya bisa mengalahkan inflasi dalam jangka panjang. Selama beberapa tahun sekarang, harga emas terus meningkat. Jika ada penurunan, itu sangat jarang dan tidak berlangsung lama.

Investasi aman

Apa yang benar-benar menggoda investor untuk berinvestasi dalam emas adalah karena ada bentuk fisiknya. Ini menjadikannya taruhan yang relatif aman. Selain membeli di Antam atau Pegadaian, Anda juga dapat dengan mudah pergi ke toko perhiasan lokal dan membeli emas tanpa banyak kesulitan.

Membantu diversifikasi

Bahkan jika Anda sudah berinvestasi di properti, masuk akal untuk mendiversifikasi portofolio investasi Anda. Untuk tujuan ini, banyak investor juga berinvestasi setidaknya dalam beberapa emas. 

Berinvestasi dengan porsi sekitar 5 hingga 10 persen dari portofolio Anda akan menciptakan penyangga yang bagus jika Anda membutuhkan likuidasi cepat aset investasi Anda.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut