get app
inews
Aa Read Next : Kurang Ajar! Hanya Gegara Pindah Kursi, Perempuan di Bus Trans Banjarbakula Dipukul Penumpang Pria

Siap Manjakan Penumpang, Rangkaian KA Brantas dengan Kereta Ekonomi Generasi Baru

Rabu, 16 Oktober 2024 | 10:00 WIB
header img
Tempat duduk di dalam rangkaian KA Brantas. Foto: Humas DAOP 7 Madiun

MADIUN, iNewsMadiun.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan transportasi kereta api dengan memperbarui rangkaian KA Brantas mulai 17 Oktober 2024. Kini, rangkaian KA Brantas menggunakan kereta ekonomi New Generation yang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik kepada penumpang.

Kuswardojo, Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, mengatakan, "Pembaruan rangkaian KA Brantas ini adalah bentuk nyata komitmen PT KAI dalam menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi pelanggan. Dengan fasilitas yang lebih baik, kami berharap penumpang dapat menikmati perjalanan dengan lebih baik."

Rangkaian KA Brantas terbaru ini terdiri dari 3 kereta eksekutif, 6 kereta ekonomi New Generation versi modifikasi, 1 kereta makan pembangkit, dan 1 kereta barang. Langkah ini merupakan bagian dari upaya PT KAI dalam menghadirkan transportasi yang lebih modern, efisien, dan nyaman bagi masyarakat dengan rute Blitar–Jakarta Pasar Senen PP.

Perubahan signifikan terjadi pada kereta kelas ekonomi New Generation, di mana kursi tegak berhadapan dengan kapasitas 80 tempat duduk kini digantikan oleh kursi ekonomi modifikasi dengan kapasitas 72 tempat duduk. Ini memberikan ruang kaki (leg room) yang lebih luas, meningkatkan kenyamanan selama perjalanan.

Tak hanya itu, kursi yang digunakan juga merupakan tipe captain seat, yang memungkinkan penumpang mengatur posisi sandaran (reclining) serta mengubah arah kursi (revolving) agar sesuai dengan laju kereta atau dapat diatur berhadapan.

Pembaruan lainnya mencakup perbaikan interior kereta dengan pemasangan Public Information Display System (PIDS) yang menampilkan informasi waktu dan suhu secara real-time. Desain interior juga disesuaikan agar menyerupai kelas eksekutif, dengan nuansa lebih cerah dan modern. Bagasi lebih rapi, toilet dilengkapi dengan fasilitas duduk dan nuansa mewah, serta terdapat tempat ibadah di kereta restorasi, menambah kenyamanan perjalanan penumpang.


Jadwal perjalanan KA Brantas dari Blitar menuju Pasar Senen berangkat dari Stasiun Blitar pukul 14.00 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 02.51 WIB. Sebaliknya, dari Pasar Senen menuju Blitar, kereta berangkat pukul 13.30 WIB dan tiba di Stasiun Blitar pukul 02.30 WIB.

KA Brantas merupakan salah satu kereta yang paling sering digunakan oleh masyarakat di rute Jawa Timur hingga Jakarta. Dengan pembaruan rangkaian ini, PT KAI Daop 7 berharap dapat menarik lebih banyak penumpang serta mendukung pengembangan layanan transportasi publik yang lebih aman, nyaman, dan modern.

PT KAI Daop 7 berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan peningkatan kualitas layanan demi memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh pengguna jasa kereta api di Indonesia.

 

Editor : Arif Wahyu Efendi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut