get app
inews
Aa Read Next : Begini Kesaksian Tentara Ukraina Perang Lawan Rusia: Drone Dibajak hingga Dihujani Artileri

Ada Pasukan Neo-Nazi Batalyon Azov di Ukraina tapi Negara Barat Bungkam

Selasa, 01 Maret 2022 | 13:42 WIB
header img
Batalion Azov, resimen militer neo-Nazi yang menjadi bagian dari Garda Nasional Ukraina sejak 2014. Foto/Russia-insider.com/via The Progressive Magazine

KIEV, iNewsMadiun.id - Akar permasalahan Rusia vs Ukraina kembali mengemuka. Presiden Rusia Vladimir Putin telah membuat pernyataan tentang neo-Nazi di Ukraina sejak awal. Ada unit militer neo-Nazi di Ukraina yang merupakan Batalyon Azov. Meski sudah lama ada unit militer dengan ideologi berbahaya ini, pemerintah Kiev dan negara-negara Barat tampaknya tutup mulut.

Dilansir Sindonews.com, Facebook baru-baru ini mendukung miliaran penggunanya untuk memuji Batalyon Azov. Namun, raksasa media sosial itu akhirnya melarang diskusi tentang unit tersebut di platformnya secara bebas di bawah kebijakan "Individu dan Organisasi Berbahaya".

Kebijakan tersebut dipantau oleh The Intercept, sebuah media independen yang dikenal dengan laporan investigasinya. Batalyon Azov menjadi sorotan saat Rusia menginvasi Ukraina. Unit tersebut adalah unit militer yang dipertanyakan Moskow karena dianggap sebagai "arsitek genosida" Ukraina timur berbahasa Rusia, terutama di wilayah Odesa.

Batalyon Azov, yang bekerja sebagai sayap bersenjata gerakan Azov nasionalis kulit putih Ukraina yang lebih luas, dimulai sebagai sukarelawan milisi anti-Rusia sebelum resmi bergabung dengan Garda Nasional Ukraina pada tahun 2014. Resimen yang dikenal dengan ultranasionalisme sayap kanan dan ideologi neo-Nazi yang meresap di antara para anggotanya.

Sementara pasukan Rusia dilaporkan bergerak cepat untuk menyerang sasaran di seluruh Ukraina, pendekatan moderasi Facebook dikritik keras karena membiarkan platformnya menjadi tempat Batalyon Azov, sebuah kelompok berbahaya, berada. Menurut materi kebijakan internal yang ditinjau oleh The Intercept; "Facebook akan mendukung pujian dari Batalyon Azov ketika secara eksplisit dan eksklusif memuji peran mereka dalam membela Ukraina atau peran mereka sebagai bagian dari Garda Nasional Ukraina.

Contoh suara luar biasa secara internal yang sekarang dianggap dapat diterima oleh Facebook termasuk, "sukarelawan gerakan Azov adalah pahlawan sejati, mereka adalah dukungan yang dibutuhkan untuk penjaga nasional kita". "Kami diserang. Azov dengan berani mempertahankan kota kami selama 6 jam terakhir," yang lain memuji kelompok itu. "Saya pikir Azov memainkan peran patriotik selama krisis ini," tulis pengguna Facebook lainnya.

Pada 12 November 2014, Batalyon Azov dimasukkan ke dalam Garda Nasional Ukraina, dan sejak itu semua anggotanya adalah tentara kontrak yang disimpan untuk Garda Nasional Ukraina. Pada tahun 2014, resimen menjadi terkenal menyusul tuduhan kejahatan dan tuduhan terhadap gerakan neo-Nazi dan penggunaan simbol resimen, seperti yang terlihat pada logo mereka yang menampilkan Wolfsangel, salah satu simbol yang digunakan oleh Resimen ke-2 Divisi Panzer SS  Das Reich. Seorang perwakilan dari Batalyon Azov mengatakan bahwa simbol tersebut merupakan singkatan dari slogan "Іде ації" (bahasa Ukraina untuk "Ide Nasional"). Perwakilan tersebut menyangkal adanya hubungan dengan Nazisme.

Pada tahun 2018, sebuah RUU yang disahkan oleh Kongres Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk memblokir bantuan militer ke Batalyon Azov dengan alasan ideologi supremasi kulit putihnya. Anehnya, pada tahun 2015, larangan serupa atas bantuan kepada kelompok itu dibatalkan oleh Kongres AS.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut