get app
inews
Aa Read Next : Istri Kepruk Suami gara-gara Pengangguran dan Banyak Utang

Kasus pembacokan Ketua MUI di Banyuwangi Ternyata Karena Sakit Hati, Begini Ceritanya

Sabtu, 19 Februari 2022 | 13:35 WIB
header img
Ketua MUI Pesanggrahan menjalani perawatan di rumah sakit, Sabtu (19/2/2022).

BANYUWANGI, iNewsMadiun.id -   dilatarbelakangi sakit hati Pemuda bacokan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi, KH Affandi Syafa. Pelaku menyimpan dendam kepada pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayah tersebut karena pernah ditegur korban lantaran duduk di sekitar lokasi kamar pondok santri putri.

Pernyataan itu disampaikan Ketua MUI Banyuwangi KH M Yamin saat berada di kediaman korban, Sabtu (19/2/2022). "Beberapa waktu lalu, pelaku ini kedapatan duduk di depan kamar pondok putri, terus ditegur. Mungkin ini yang membuatnya marah. Tapi, ini masih diselidiki, polisi. Kami serahkan kasus ini kepada aparat hukum," katanya. 

Kiai Yamin mengatakan, pelaku baru 15 hari tinggal di pesantren korban. Dia tinggal di pondok juga atas ajakan korban karena seorang perantauan.

Pelaku merupakan warga Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Hampir enam bulan bertempat tinggal di daerah Jepit, Dusun Rejoagung, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. "Karena merasa prihatin dengan hidup keseharian Darmanto (pelaku), KH Affandi Musyafa memintanya untuk tinggal dan membantu di pondok yang ia asuh," katanya. 

Sementara itu kondisi KH Affandi Musyafa yang mengalami luka bacok pada bagian pinggang punggung dan dagu masih menjalani penangan mendis di rumah sakit Al huda Gentang. Namun, kondisinya sudah membaik dan bisa diajak berkomunikasi.

Diketahui, Ketua MUI Pesanggrahan KH Affandi diserang orang tak dikenal Jumat (18/2/2022) menjelang subuh. Akibatnya, korban terluka di bagian pinggang dan dagu.

Polisi bergerak cepat atas kasus percobaan pembunuhan ini dan menangkap pelaku atas nama Darmanto (34). Dia ditangkap di saat minum kelapa muda di sebuah warung di kawasan Kecamatan Gambiran, Banyuwangi atau sekitar 40 kilometer dari lokasi Pondok Al hidayah, Pesanggaran. iNews Madiun

 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut