get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Masih Ada Potensi Hujan Es Susulan, BMKG Himbau Warga Malang Waspada

Jum'at, 04 Februari 2022 | 13:24 WIB
header img

MALANG, iNewsMadiun.id - Terpantau dari citra radar, masih ada potensi awan cumulonimbu (CB) seperti yang terjadi pada Kamis (3/1/2022) petang kemarin. Maka dari itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Juanda mengimbau warga Kota Malang untuk waspada dan hati-hati terhadap kemungkinan hujan es dan angin kencang susulan.

"Masih ada potensi terjadinya hujan es di waktu mendatang dan perlu diwaspadai hujan lebat dapat disertai petir dan hujan es pada siang hingga sore hari," Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Teguh Tri Susanto, Jumat (4/2/2022).   

Teguh mengatakan, penyab hujan es yakni awan konvektif sangat tinggi. Dari citra radar, terlihat ketinggian awan Cumulonimbus (Cb) mencapai 8-9 kilometer, dengan nilai reflektivitas dari citra radar tinggi. 

"Hal ini terpantau dari citra CMAX dengan nilai dBZ pada pukul 14.19-14.37 WIB, maksimum berkisar antara 60-65 dBZ," katanya. 

Kondisi ini yang menyebabkan hujan es dan angin kecang di wilayah Kota Malang kemarin. Akibatnya sejumlah pohon tumbang di beberapa titik. Angin juga merobohkan tembok 3 meter di kawasan Blimbing dan menyebabkan satu orang tewas. 

"Pantauan kami berdasarkan citra radar dan laporan dari masyarakat fenomena hujan es terjadi di sekitar Kota Malang yaitu wilayah Kecamatan Blimbing, Sudimoro, Glintung, Lowokwaru," ucap Teguh. 

Tak hanya hujan es, fenomena hujan deras disertai angin kencang juga masih berpotensi menerjang sejumlah daerah di Jawa Timur, termasuk di Kota Malang. "Fenomena La Nina dapat mengakibatkan peningkatan hujan di wilayah Indonesia," tuturnya. 

Diketahui, hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa kawasan di Kota Malang. Fenomena hujan es juga dilaporkan warga turun. Akibat fenomena ini dilaporkan ada enam pohon tumbang, satu kendaraan mobil rusak tertimpa pohon dan satu warga meninggal dunia, usai tertimpa tembok yang roboh saat hujan deras disertai angin kencang. iNews Madiun

 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut