get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Mengantisipasi Penyebaran Omicron, BPBD dan Dishub Jatim Sterilisasi di Terminal Purabaya

Kamis, 03 Februari 2022 | 10:35 WIB
header img

SIDOARJO, iNewsMadiun.id - Demi Mengantisipasi penyebaran Covid-19 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim dan Dinas Perhubungan Jatim melakukan sterilisasi Covid-19 di Terminal Purabaya, Bungurasih. penyemprotkan disinfektan ke sejumlah armada bus dan membagikan masker kepada penumpang ini dilakukan Pada Rabu (2/2/2022). upanya ini dilakukan karena peningkatan kasus di Jatim cukup tinggi sejak beberapa hari terakhir. 

Kalaksa BPDB Jatim Drs Budi Santosa mengatakan, penyemprotan disinfektan dan pembagian masker ini dilakukan dengan melibatkan unsur pentahelix. Mereka antara lain Dishub Jatim, Satpol PP Jatim, TNI, Polri, dan sejumlah relawan, di antaranya Komunitas Jogoboyo, Gus Durian, serta elemen masyarakat Jatim lainnya.

Langkah ini, menurutnya, merupakan tindak lanjut dari Apel Pamor Keris (Patroli Motor Penegakan Protokol kesehatan di Masyarakat) bersama Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya, di lapangan Makodam Jatim, beberapa waktu lalu.

"Yang kita lakukan ini merupakan bagian dari tindaklanjut Apel Pamor Keris itu dengan penegakan 3M (Menjaga Jarak, Memakai Masker, Mengurangi Mobilitas) dan 3T (Testing, Tracing, Treatment)," kata Budi Santosa.

Selain di Terminal Purabaya, Tim Gabungan BPBD Jatim bersama relawan rencananya juga akan menggelar acara serupa di terminal-terminal lain, pasar-pasar dan tempat keramaian lainnya.

"Dengan Dinas Kesehatan, kita coba nanti lebih lengkap lagi dengan TNI Polri. Kita nanti coba awali di tempat-tempat keramaian dan tempat-tempat kerumunan lain," katanya.

Diketahui, kasus Omicron di Jatim mengalami peningkatan sekitar 760 kasus baru dari 200-an kasus dalam beberapa waktu ini. Penyebaran varian baru Covid-19 ini diyakini penularannya lebih cepat dari varian Delta. 

Dengan cara menggelar penyemprotan disinfektan Termasuk menggunakan kendaraan water spray dan membagikan masker kepada penumpang moda transportasi diharapkan bisa mencegah dan mengurangi penyebaran varian Omicron.

Selain Kalaksa BPBD Jatim Budi Santosa, hadir dalam kegiatan ini, Kadishub Jatim Nyono, Kasatpol PP Jatim Hadi Wawan Guntoro dan pejabat eselon III di lingkungan BPBD Jatim. iNews Madiun

 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut