get app
inews
Aa Read Next : Misteri Pulau Gorom di Maluku yang Buat Gajah Mada Berucap dalam Sumpah Palapa Bertekad Menguasainya

7 Hal Mengenai Candi Sukuh di Lereng Lawu, Ada Kamasutra Versi Zaman Kerajaan Majapahit

Selasa, 05 September 2023 | 18:26 WIB
header img
Candi Sukuh (Foto: Youtube @asisi channel)

CANDI Sukuh adalah salah satu situs purbakala yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit, terletak di Desa Berjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini diperkirakan dibangun pada tahun 1359 Masehi dan merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah yang menarik di wilayah tersebut. Berikut 7 Hal mengenai Candi Sukuh seperti dilansir dari Okezone, Selasa (5/9/2023)

Berikut beberapa informasi tambahan tentang Candi Sukuh:

  1. Lokasi dan Akses: Candi Sukuh terletak di lereng kaki Gunung Lawu pada ketinggian sekitar 1.186 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai candi ini dari pusat Kota Karanganyar, Anda perlu melakukan perjalanan sekitar 20 km.

  2. Jam Buka dan Harga Tiket: Candi Sukuh dapat dikunjungi oleh wisatawan dari pukul 7 pagi hingga 5 sore. Harga tiket masuk sekitar Rp7.000 per orang.

  3. Kain Poleng: Sebelum memasuki kawasan candi, wisatawan diharuskan memakai kain poleng sebagai tanda penghormatan terhadap sejarah daerah tersebut. Ini adalah praktik yang umum di situs-situs purbakala di Indonesia.

  4. Arsitektur dan Relief: Candi Sukuh memiliki bangunan yang dibangun dari batuan andesit untuk mencegah tumbuhnya jamur. Di dalam candi, Anda dapat melihat berbagai relief yang menceritakan kepercayaan masyarakat pada zaman Majapahit. Salah satu relief yang menarik adalah Garudeya, yang menggambarkan seekor ular yang dimakan oleh garuda, melambangkan kemenangan kebaikan atas kejahatan.

    Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut