get app
inews
Aa Read Next : Isi Surat Sandera Israel kepada Brigade Al-Qassam: Terima Kasih Diperlakukan Seperti Ratu

5 Negara Menolak Bertanding lawan Israel, Ada yang Mengundurkan Diri dari Olimpiade Tokyo

Jum'at, 31 Maret 2023 | 13:19 WIB
header img
Ada lima negara yang menolak bermain dengan Israel. (Reuters)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Penolakan tim nasional (timnas) Israel ke Indonesia, dalam gelaran Piala Dunia U-20 membetot perhatian publik. Penolakan Israel ini berdasarkan amanat UUD 1945 yang menolak segala bentuk penjajahan.Sikap Republik Indonesia ini telah digaungkan Presiden Soekarno sejak dulu. Bukan hanya Indonesia, sejumlah negara juga menolak Israel. Berikut lima negara yang menolak Israel, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/3/2023) :

1. Indonesia

Indonesia baru-baru ini menyatakan penolakan kedatangan Tim Nasional Israel ke Indonesia, sehubungan dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Indonesia merupakan tuan rumah Piala Dunia U-20 yang rencananya dimulai pada 20 Mei mendatang. Akibat penolakan tersebut, Indonesia dipastikan batal menjadi tuan rumah sesuai keputusan FIFA.

Penolakan Timnas Israel ini tentunya terkait konflik Israel dengan Palestina. Israel masih menjajah Palestina. Hal ini tidak sejalan dengan amanat konstitusi UUD 1945. Bahkan sejak dulu Presiden Soekarno tegas menolak Timnas Indonesia untuk bertanding melawan Israel di kualifikasi Piala Dunia 1958.

2. Malaysia

Tak hanya Indonesia, Malaysia juga pernah mengalami hal yang sama di tahun 2019. Saat itu Malaysia ditunjuk sebagai tuan rumah kejuaraan Pararenang Dunia 2019. Namun menuju pelaksanaan, pemerintah Malaysia menolak kedatangan atlet Israel. Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman dengan tegas menolak kedatangan atlet Israel ke Malaysia. Baginya, jika menerima atlet Israel, maka Malaysia tidak memiliki moral.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut