get app
inews
Aa Read Next : Tiga Orang Jemaah Calon Haji Meninggal Dunia di Arab Saudi

8 Ribu Rumah Terendam Banjir akibat Luapan Sungai Rejoso

Sabtu, 11 Februari 2023 | 18:20 WIB
header img
Areal sekolah di Kecamatan Rejoso, Pasuruan terendam banjir. Banjir juga dipicu jebolnya tanggul sungai Rejoso. Setidaknya 8 ribu di 17 desa terendam banjir. Foto: Jaka Samudra

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Sedikitnya 8 ribu rumah di 17 desa Kabupaten Pasuruan terdampak banjir dengan ketinggian sekitar 50 sentimeter. Banjir terjadi setelah kawasan Kabupaten Pasuruan diguyur hujan deras berjam-jam sejak Jumat (10/2/2023) dini hari. Sebab lainnya, ada salah satu tanggul Sungai Rejoso jebol sepanjang 25 meter sehingga memperparah banjir.

Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron menyalurkan bantuan ke beberapa lokasi seperti dapur umum, rumah-rumah warga, fasilitas umum, areal persawahan hingga sekolah yang ikutan tergenang, Sabtu (11/2/2023)

"Banjir kali ini luar biasa sampai lebih dari 8 ribu rumah warga yang terdampak. Dan atas petunjuk Pak Bupati, saya langsung turun ke lapangan dan ingin melihat bagaimana kondisi real warga kami. Khususnya di wilayah timur yang paling parah," kata Gus Mujib dikutip dari website resmi.

Rombongan Wabup Pasuruan menyalurkan bantuan kedaruratan yang sangat dibutuhkan warga seperti nasi bungkus, makanan siap saji, mie instant, air mineral, snack anak, lauk siap saji dan bantuan lainnya ke 6 titik posko warga.  Setidaknya ada 5 desa yang menjadi sasaran Gus Mujib, antara lain Desa Prodo, Desa Winongan Lor di Kecamatan Winongan, Desa Toyaning dan Rejoso Lor di Kecamatan Rejoso, serta Desa Kedawung, Kecamatan Grati.

Gus Mujib mengatakan, Pemkab Pasuruan mengusulkan kepada Pemprov Jatim untuk segera menormalisasi sungai Rejoso dan aliran sungai lainnya. Hal tersebut bersifat urgent, lantaran menyangkut hajat hidup orang banyak. "Tadi ada kepala UPT Balai Besar Gembong Pekalen. Kita bicara dan sampaikan langsung didepan warga kalau sungai Rejoso memang perlu ditangani. Penanganannya juga harus menyeluruh di semua sungai di Pasuruan," pungkasnya.
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut