get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sedih: Gegara Ngonten ala Citayam Fashion Week, Bu Camat Payakumbuh Timur Dipecat

Astaga, Banyak Kepala Daerah Bolos Rakor Mendagri

Sabtu, 18 Desember 2021 | 10:00 WIB
header img
Mendagri Tito Karnavian

JAKARTA, iNews.id - Banyak Kepala Daerah di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) tak hadiri rapat koordinasi (Rakor) percepatan vaksinasi. Padahal, rakor itu dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Tito mengatakan, kehadiran kepala daerah atau pejabat yang dapat mengambil keputusan, sangat diperlukan dalam upaya percepatan vaksinasi.

BACA JUGA: Catat, Tempat Wisata di Sumbar Tetap Buka saat Natal dan Tahun Baru

"Dengan mengikuti Rakor Percepatan Vaksinasi, diharapkan kepada daerah dan para pengambil kebijakan di daerah sehingga mampu bekerja cepat dalam melakukan langkah-langkah akselerasi vaksinasi," kata Tito usai melakukan Rakor Percepatan Vaksinasi di Auditorium Pendopo Gubernur Sumatera Barat, Jumat (17/12/2021). Tito juga ingin kepala daerah berkomitmen untuk melampaui target vaksinasi sebesar 70 persen sehingga masyarakat terlindungi.

BACA JUGA: Polda Sumbar Kerahkan 3.129 Personel dan Tim Penjinak Bom Amankan Nataru

"Saya menyayangkan ada beberapa kepala daerah tidak hadir di acara ini, catat itu, tadi saya lihat Bupati Solok tidak hadir (diwakilkan), kemudian Wali Kota Payakumbuh juga tidak (hadir), wakilnya juga tidak, kemudian Wali Kota Padang Panjang juga tidak hadir, kalau Wakilnya (hadir), fine lah, Sekda nya juga okelah, kita ingin yang hadir adalah yang mengambil keputusan karena harus bergerak cepat," tegasnya.
 

Meski tak lengkap, Tito meminta kepala daerah serius dalam melakukan percepatan vaksinasi Covid-19. Seperti diketahui di bulan ini setiap daerah ditargetkan 70 persen capaian vaksinasi dosis pertama. BACA JUGA: Cerita Penumpang Lion Air yang Panik saat Pesawat Putar Balik dari Batam ke Sumbar

Tito mengatakan, pemerintah pusat selalu memonitoring keseriusan pemerintah daerah terkait percepatan vaksinasi. "Kita akan mengamati keseriusan dari teman-teman kepala daerah," katanya. \

BACA JUGA: Sempat Mengudara 40 Menit, Pesawat Padang-Batam Balik Lagi ke Sumbar

Dia menambahkan, kunjungannya ke daerah untuk mendorong agar capaian vaksinasi di akhir tahun ini bisa digenjot. Menurutnya dengan keseriusan kepala daerah, diharapkan percepatan vaksinasi dapat segera dilakukan. "Kita berharap di akhir tahun, Sumatera Barat sudah bisa mencapai 70 persen, bisa lebih, ini memerlukan kolaborasi dengan jajaran TNI/Polri, Pak Kabinda, Pak Danlamatal, semua bergerak, dan tolong DPRD dukung," kata dia.
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut