get app
inews
Aa Read Next : Gempa M6,6 Guncang Tuban, Goyangannya Kerasa hingga Bandung dan Yogya

Gempa Jember, Goyangannya Sebentar, tapi Bikin Dada Deg-degan

Kamis, 16 Desember 2021 | 08:18 WIB
header img

Getaran gempa berkekuatan Magnitudo 5,1 yang mengguncang Jember, Jawa Timur (Jatim) berlangsung tujuh detik. Hal ini membuat warga panik berhamburan keluar rumah. Seperti yang terjadi di Griya Mangli Indah. Nurwahyu Dwi Rahmawati,53, salah satu pemilik rumah di Griya Mangli Indah mengaku gemetar. ”Ora… dilut tapi ndredeg.. (Enggak lama gempanya. Tapi saya deg-degan,” kata ASN yang bertugas di Dinas Kesehatan Jember dihubungi via Whatsapp.   

Di Perumahan Tegal Besar Permai 1 Jember, gempa yang terjadi Kamis pagi (16/12/2021), pukul 06.01 WIB ini memaksa warga di sekitar memilih kabur keluar rumah. "Gempanya keras, sekitar tujuh detik," kata salah seorang warga bernama Hafizh, Kamis (16/12/2021). Hafizh menambahkan, dia dan keluarganya berlari ke luar rumah karena takut. "Takut mas, semuanya pada berhamburan keluar rumah," kata dia. Sementara itu, Naryo mengatakan, dirinya takut karena getaran gempa kali ini lebih besar dan terasa daripada dua hari yang lalu. "Gempanya besar, takut saya, lari semua keluar rumah," kata Naryo.
 

Sebelumnya, gemba bumi menggetarkan wilayah Jember, Jatim. Episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 8,55 Lintang Selatan (LS) dan 113,49 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di laut tepatnya berjarak 42 kilometer (km) dari arah Barat Daya Jember. Sementara kedalaman gempa berada di 10km. Menurut analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), getaran gempa dirasakan MMI level III di wilayah Denpasar, Kuta, Legian. Getaran MMI II-III dirasakan di Banyuwangi. Sementara level MMI II dirasakan di Jimbaran, Puger, Karangkates. Getaran level I-II dirasakan di Lumajang dan Bondowoso.
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut