get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi Terkini, Pangandaran Diguncang Magnitudo 4,5

Info Gempa Bumi Terkini, Jember Diguncang Gempa Susulan M5,3

Selasa, 06 Desember 2022 | 18:57 WIB
header img
Gempa susulan berkekuatan Magnitudo 5,3 mengguncang Jember, Jawa Timur, Selasa (6/12/2022). (BMKG)

Getaran gempa bumi tidak hanya dirasakan di Jember dengan skala intensitas III MMI, tapi juga di sejumlah wilayah. Di Gubukmas, Mataram, Kepanjen, dan Sumberpucung, getaran dirasakan dalam skala intensitas III MMI. Sementara di daerah Kuta dan Kuta Selatan dengan skala intensitas II-III MMI. Selanjutnya di daerah Madiun, Ponorogo, Bantul,  Yogyakarta, Sawahan, Klaten, Banyuwangi, dan Karangasem dengan skala intensitas II MMI. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Dia menjelaskan, hingga pukul 13.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan ada dua aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock. Kekuatan gempa terbesar M4,6.   BMKG merekomendasikan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Hindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.   "Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Daryono.

Sumber https://jatim.inews.id/berita/info-gempa-hari-ini-baru-saja-jember-diguncang-gempa-susulan-m53.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut