Logo Network
Network

Negara Ini Punya Menteri Kebahagiaan, Apa Saja Tugasnya?

Jeanny Aipassa
.
Kamis, 01 Desember 2022 | 06:58 WIB
Negara Ini Punya Menteri Kebahagiaan, Apa Saja Tugasnya?
Pemandangan Kota Dubai. (Foto: dok iNews)

DUBAI, iNewsMadiun.id - Hidup bahagia, kaya raya, dan mati masuk surga. Barangkali itulah impian semua manusia di muka bumi. Beragam upaya dilakukan oleh pemerintah atau negara untuk memberikan layanan yang menyejahterahkan masyarakat. Tapi terobosan yang dilakukan Dubai, sebagai salah satu negara bagian Uni Emirat Arab (UEA), adalah hal luar biasa.  Negara bagian Dubai mempunyai menteri kebahagiaan yang ditetapkan pada 2016. Hal itu bukan hanya tercatat sebagai jabatan baru tetapi yang pertama di dunia. 

Tugas utama dari menteri kebahagiaan adalah menciptakan kebahagiaan nasional dan kepuasan sosial untuk seluruh penduduk lokal, sejak lahir sampai mati.  Adapun Menteri Kebahagiaan pertama yang ditunjuk adalah Ohood binti Khalfan Al Rhoumi. Di bawah kepemimpinannya, Pemerintah Dubai memberikan terobosan layanan dan fasilitas kepada penduduk untuk mewujudkan Dubai sebagai Negara Paling Bahagia di Dunia. 

Negara bagian UEA ini menyiapkan program “happiness meters” berbasis digital untuk mengukur suasana hati warga, penduduk, dan pengunjung, terutama ketika mereka berinteraksi dengan layanan pemerintah Dubai. Tak hanya itu, penduduk pun mendapatkan sejumlah fasilitas atau layanan bebas biaya, mulai dari biaya kelahiran,pendidikan dari SD sampai kuliah, menikah, pengobatan penyakit kritis, memiliki rumah, hingga meninggal dunia. 

Follow Berita iNews Madiun di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.