Logo Network
Network

6 Hewan yang Darahnya Tak Berwarna Merah, Baru Tahu Ya?

Ahmad Muhajir, Jurnalis
.
Rabu, 21 September 2022 | 15:22 WIB
6 Hewan yang Darahnya Tak Berwarna Merah, Baru Tahu Ya?
6 hewan yang darahnya tak berwarna merah (Foto: Twitter/@skinks_IUCN/okezone)

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Inilah kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.  Setidaknya ada enam hewan di muka Bumi yang darahnya  tidak berwarna merah seperti manusia. Hal ini menjadi fakta unik, mengingat  setiap makhluk hidup pada umumnya berdarah merah.

Diolah dari berbagai sumber, hewan memiliki komponen darah yang sebagian besar terdiri dari plasma, tetapi ada juga beberapa protein dan pigmen di dalam darah.

Semua komponen ini berkontribusi dalam memberikan warna darah. Akibatnya, ada beberapa hewan yang tidak memiliki darah berwarna merah.

Hewan apa saja yang tidak memiliki darah berwarna merah?  Simak penjelasannya berikut ini.

1. Crocodile Icefish

Ikan berdarah putih ini disebut Crocodile icefish. Habitatnya  di Samudera Selatan, di sekitar Antartika. Meski dikenal sebagai ikan berdarah putih, nyatanya darah dalam tubuh hewan ini tidak berwarna.

Saat mereka tumbuh dewasa, crocodile icefish akan kekurangan hemoglobin sehingga hewan ini tidak memiliki darah berwarna merah.

2. Brachiopoda

Brachiopoda sekilas  seperti kerang. Hewan ini memiliki dua cangkang artikulasi, satu terletak di bawah, sementara yang lain menutupinya dari atas.

Brachiopoda tidak bergantung pada hemoglobin atau hemosianin untuk mengangkut oksigen dalam darah. Tugas itu diserahkan kepada hemeritrin, salah satu protein berpigmen.

Hemeritrin mengandung atom besi dalam susunan yang berbeda dengan hemoglobin. Hemeritrin membuat darah terdeoksigenasi, terlihat tidak berwarna atau agak kuning.

Kendati demikian, begitu darah mulai mengambil oksigen, warnanya akan berubah menjadi ungu hingga merah muda.

3. Gurita

Gurita memiliki darah kebiruan karena kandugan hemosianin. Uniknya, gurita punya tiga jantung yang digunakan untuk memompa cairan ini.

Bagi gurita yang hidup di laut dalam yang miskin oksigen, hemosianin lebih baik daripada hemoglobin dalam membawa oksigen melalui pembuluh darah.

4. Teripang

Teripang hidup di dasar laut dengan ribuan kaki kecil yang dimilikinya, hewan ini bergerak secara perlahan. Diketahui, ia memiliki darah berwarna kuning akibat tingginya konsentrasi vanabin yang punya pigmen kuning dalam darah.

5. Kadal Papua Nugini

Papua Nugini adalah rumah bagi beberapa spesies kadal dari keluarga skink dengan darah hijau limau, bahkan temasuk lidah, otot dan tulang mereka seluruhnya berwarna hijau.

6. Kepiting Tapal Kuda

Berkat adanya hemosianin berbasis cobber dalam darahnya, kepiting tapal kuda memiliki darah berwarna biru muda. Hewan ini tidak memiliki vena, karena darah mengalir melalui sistem peredaran darah terbuka. Dengan begitu, kepiting tapal kuda memiliki akses langsung ke organ-organ internal.

Sumber:Daftar Hewan yang Darahnya tak Merah

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.