Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2022, Simak Yuk Cara Membuatnya

Amy Heppy
Kemenpan RB resmi membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga guru dari 31 Oktober-13 November 2022. (Foto: Dok. SINDOnews)

JAKARTA, iNews.Madiun. id - Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) Guru tahun 2022 sudah dibuka. Calon pelamar PPPK bisa menyimak contoh deskripsi diri PPPK Guru sebagai salah satu syarat pendaftaran.

Sebagaimana diketahui, pendaftaran penerimaan PPPK Guru 2022 sudah resmi dibuka sejak 31 Oktober 2022. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/. Pada tahap pendaftaran, pelamar diwajibkan mengisi data dan berkas.  Salah satunya adalah mengisi daftar riwayat hidup pelamar yang di dalamnya memuat tentang deskripsi diri.

Menulis deskripsi diri untuk PPPK Guru 2022 sangat mudah. Namun ada sejumlah ketentuan yang perlu diperhatikan. Berikut dirangkum iNews.id, sejumlah contoh deskripsi diri PPPK Guru 2022 yang bisa dijadikan referensi.

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2022

1. Tips Membuat Deskripsi Diri PPPK Guru 2022

Sesuai Buku Panduan Pendaftaran tersebut, pelamar PPPK Guru 2022 harus menulis deskripsi diri. Deskripsi diri ditulis dalam sebuah esai yang menggambarkan pelamar dalam bidang pekerjaan dan kehidupan masyarakat. Pelamar harus mendeskripsikan tentang diri sendiri dengan jumlah kata maksimal 3.000 karakter.

Berikut tips mudah membuat deskripsi diri PPPK Guru 2022:

  • 1. Tulis informasi penting yang harus ada dalam deskripsi diri secara lengkap dan jelas.
  • 2. Gunakan poin-poin, angka, atau presentasi dalam pencapaian yang ditulis agar terlihat lebih menonjol.
  • 3. Maksimalkan batas jumlah karakter deskripsi diri PPPK Guru sebanyak 3.000 karakter.
  • 4. Gunakan teknik penulisan copywriting yang menarik untuk menulis deskripsi diri PPPK Guru 2022. 

2. Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2022

Contoh 1

Nama saya Nurmala, lahir di Sidoarjo pada 12 September 1996, dan saya adalah seorang guru di SD Kabupaten Sidoarjo. Menjadi tenaga didik, membuat saya bisa mengenali berbagai karakter siswa telah saya temui selama mengajar tiga tahun di SD tersebut. Ketika bertugas, saya dipercayakan untuk menjadi wali kelas selama 2 tahun untuk kelas 5. Serta saya juga berperan sebagai guru biasa ketika awal bergabung.  Saya juga ikut menjalin hubungan baik sesama tenaga didik, dan berkolaborasi memajukan sekolah menjadi lebih unggul. 

Bahkan salah satu program yang diterapkan dalam dua tahun terakhir ini yakni pembelajaran yang memanfaatkan alam sekitar.  Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan, agar siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran dengan rutinitas di kelas saja. Bahkan kegiatan ini memberi dampak terhadap penilaian formatif dan sumatif. Selain aktif mengajar, kegiatan lain yang saya jalani yakni menjadi pendamping di Taman Baca Ramah Anak, di mana kegiatan ini juga membantu saya dalam mengembangkan kompetensi sebagai guru. Menurut saya, seorang guru tidak boleh hanya pandai dalam penguasaan materi tapi juga harus bisa berinovasi.

Contoh 2

Nama saya  Nurida dan terbiasa disapa Nuri. Saya lahir di Kota Makassar pada 3 Oktober 1995. Saat ini saya merupakan guru tenaga honorer di SMP Negeri 7 Makassar.  Saya telah menjabat sebagai guru honorer selama 5 tahun dan masih mengajar hingga saat ini. Adapun mata pelajaran yang saya ajarkan adalah Bahasa Indonesia kelas VIII dan IX.

Dalam melaksanakan tugas sebagai guru honorer saya selalu berupaya agar bisa menyampaikan materi menggunakan metode dan model pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Apabila siswa mulai merasa bosan dan menurun tingkat belajarnya, saya akan berusaha untuk melakukan proyeksi untuk diri saya sebagai pengajar. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan siswa, terlebih pada materi yang saya ajarkan, saya selalu mencoba menjalin kedekatan yang baik dengan para siswa dengan tujuan agar lebih mudah memahami keadaan mereka.

Tak hanya sekedar materi pembelajaran, saya bisa memahami karakteristik serta emosional siswa. Sehingga nantinya saya mampu memberikan cara mengajar yang baik dan memberikan pemahaman siswa secara menyeluruh. Jika ada lomba yang diadakan di luar sekolah seperti olimpiade atau berpidato, saya selalu mengusahakan agar anak didik saya bisa ikut dan menunjukkan prestasinya. (Bisa menambahkan juara yang pernah diraih) Selain menjalin kedekatan dengan peserta didik, saya juga menjalin dan membangun komunikasi dan hubungan baik dengan guru-guru lain sebagai rekan kerja.  Saya juga tak menyia-nyiakan untuk selalu belajar dari guru-guru berpengalaman di sekolah tersebut. Dalam bermasyarakat saya juga memberikan kontribusi saya untuk daerah setempat. Saya selalu meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan dan partisipasi dalam organisasi masyarakat atau ikut serta dalam kegiatan gotong royong. (Tambahkan kegiatan lagi jika ada).
 

Editor : Arif Handono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network